sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Menghindari Perceraian Saat New Normal

Kinan Selasa, 15 Sep 2020 17:53 WIB
Ilustrasi pasangan bertengkar 5 Tips Menghindari Perceraian Saat New Normal/ Foto: Getty Images/PixelsEffect

Selain masalah terkait kesehatan, pandemi COVID-19 juga membawa beberapa masalah lain yang berpotensi memicu perceraian. Terutama berkaitan dengan ekonomi dan keuangan keluarga.

Oleh sebab itu, demi mempertahankan keutuhan rumah tangga saat pandemi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan Bunda saat new normal ini. Apa saja?

1. Tidak memaksakan kehendak

Dikutip dari USA Today, pembatasan aktivitas di luar rumah memengaruhi kualitas hubungan dalam rumah tangga. Termasuk juga berpotensi mengganggu pekerjaan, yang bisa memengaruhi risiko kehilangan pemasukan. Jika sudah demikian, hendaknya pasutri bisa saling menerima dan tidak memaksakan kehendak.


Banyak menuntut yang biasanya muncul akibat rasa jenuh dan ekspektasi tinggi selama pandemi, disebutkan oleh konsultan pernikahan Lee Wilson perlu dikendalikan. Ini terutama untuk menghindari perceraian.

2. Banyak berdiskusi dan komunikasi

Kurangnya komunikasi yang efektif juga bisa memicu perceraian dalam rumah tangga. Terutama jika ada masalah yang muncul dan enggan ditemukan solusinya bersama-sama. Ingatlah bahwa dalam pernikahan, diperlukan gabungan pola pikir dan bukan dari satu pihak saja. 

3. Atur emosi saat ada masalah

Ada masalah yang membuat emosi kian memuncak? Kombinasi hal ini dengan rasa jenuh dapat membuat pertengkaran tidak bisa dihindari. Jika ini terus-terusan terjadi, risiko perceraian pun jadi meningkat.

Nah, upayakan untuk tetap tenang saat berbicara dengan suami ya, Bunda. Pilih kata-kata yang sesuai dan lihat juga situasi hatinya. Apabila suami juga tampak sedang banyak masalah, lebih baik tunda dulu diskusi dan cari waktu lain yang tepat.

4. Temukan solusi bersama-sama

Seperti disebutkan sebelumnya, mencari solusi bersama-sama pasangan sangat penting dilakukan guna mempertahankan rumah tangga. Terutama dalam situasi yang tak biasa seperti saat pandemi atau new normal seperti ini. Hindari justru memendam perasaan dan curhat pada orang lain, karena dapat memicu rasa kecewa serta pertengkaran.

5. Kelola keuangan secara rutin dan terbuka

Keuangan menjadi salah satu hal yang terdampak dari pandemi COVID-19, termasuk pada lingkup rumah tangga. Jika Bunda juga tengah mengalaminya, cobalah untuk lebih sering berdiskusi tentang solusinya bersama suami.

Misalnya apakah mungkin untuk mencari penghasilan tambahan dengan berjualan atau dari pekerjaan sampingan. Hindari memendam masalah dan berupaya mencari solusi sendirian ya, Bunda.

Simak juga hobi masak yang jadi penghasilan setelah di PHK di era new normal:

[Gambas:Video Haibunda]



 

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi