sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Agar Beres-beres Rumah Minimalis Jadi Lebih Mudah

Salam Rahmad Kamis, 17 Sep 2020 03:00 WIB
Shooting in the kitchen at home, Tips beres-beres rumah minimalis/Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

KiniĀ Rumah minimalis masih menjadi tren. Bangunannya mengutamakan konsep minimalis, dengan komponen-komponen yang sederhana dan fungsional.

"Minimalis adalah pendekatan desain yang elemennya disederhanakan menjadi komponen penting saja. Tidak ada yang ditambahkan untuk efek. Desain berkembang pada keindahan bentuk dan bahan yang digunakan," ujar Jennifer Tulley, arsitek dari Jennifer Tulley Architects, dilansir Elle Decor.


Meskipun lebih sederhana dan tak banyak barang di dalam rumah minimalis, tentu tetap harus rajin dibersihkan dan ditata agar selalu rapi. Rumah minimalis yang rutin dibersihkan tentu akan terasa jauh lebih nyaman dan memikat mata dibandingkan dengan yang jarang.

Nah, kalau Bunda berencana beres-beres, coba perhatikan 4 tips berikut agar beres-beres rumah minimalis terasa lebih mudah dan menyenangkan, dikutip dari The Spruce.

1. Sederhanakan pekerjaan yang besar menjadi lebih ringan

Cara yang satu ini akan sangat memudahkan Bunda dalam membereskan rumah minimalis. Bunda cukup buat rencana besar untuk merapikan seluruh isi rumah, lalu dibagi menjadi unit-unit terkecil untuk melakukannya.

Misalnya, Bunda ingin merapikan kamar, mulailah dengan menata ulang lemari dan aksesoris di dalamnya agar tampak sempurna. Setelah itu, Bunda dapat melanjutkannya pada furnitur yang lain. Singkatnya, cara ini dibuat supaya enggak ribet saat merapikan barang ya, Bunda.


2. Mendengarkan musik

Saat beres-beres, Bunda perlu menyiapkan kantong plastik berukuran besar atau kardus untuk memisahkan barang yang masih terpakai dan tidak terpakai.

Semakin banyak barang yang disisihkan, tampilan interior rumah minimalis akan tampak semakin cantik. Nah, dalam menerapkan cara yang satu ini, Bunda bisa sambil nonton TV atau memutar lagu kesukaan agar lebih bersemangat dan muncul perasaan bahagia dalam menjalankannya.

3. Memilah barang

Cara yang satu ini mirip dengan cara di atas ya, Bunda. Hanya saja Bunda perlu memikirkan secara matang mengenai kegunaan barang yang dipilih.

Misalnya, jika barang jarang digunakan namun masih diperlukan, Bunda dapat memasukkannya ke dalam kotak untuk disimpan. Lalu, barang-barang yang masih sering digunakan sebaiknya tetap dipajang. Tapi kalau barang tersebut dinilai hanya membawa kesedihan lebih baik dibuang saja ya, Bunda.

4. Sumbangkan barang yang masih layak pakai

Setelah memilah barang, jika memang sudah rusak dan tidak layak pakai, bisa Bunda buang agar rumah minimalis lebih luas. Sedangkan barang yang masih bagus dan layak pakai, dapat Bunda sumbangkan bagi yang membutuhkan.

Dengan saling berbagi satu sama lain, tentu akan muncul perasaan bahagia ya, Bunda. Baik itu pakaian, aksesoris, maupun furnitur rumah. Jadi bisa lebih bermanfaat untuk orang lain.

Simak juga video rumah minimalis 4 lantai:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi