sign up SIGN UP search


moms-life

5 Jenis Masker dan Efektivitasnya, Bunda Perlu Tahu

Yuni Ayu Amida Kamis, 17 Sep 2020 12:00 WIB
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation 5 Jenis Masker dan Efektivitasnya, Bunda Perlu Tahu/ Foto: iStock
Jakarta -

Pemakaian masker di masa pandemi COVID-19 menjadi hal yang wajib. Masker bertujuan untuk menghindarkan kita dari paparan virus COVID-19 yang sedang merajalela saat ini.

Seorang dokter gawat darurat dan pendiri Austin Emergency Center di Texas, dr.Luke Padwick, menyamakan manfaat mengenakan masker dengan mencegah penyebaran droplet dari batuk atau bersin menggunakan siku.

manfaat 


"Memakai masker bagus karena dua alasan: Ini akan mengurangi 95 persen pernapasan yang mengirim virus hingga 6 kaki jauhnya di dalam ruangan, dan juga akan mengurangi penularan droplet dengan mencegah virus masuk ke hidung atau mulut," kata Padwick, dilansir Healthline.

Padwick menuturkan bahwa menggunakan masker akan memperlambat jalannya virus. Kita pun setidaknya bisa terlindungi saat tak sengaja menyentuh wajah usai menyentuh permukaan yang terkontaminasi, karena bagian hidung dan mulut tertutup masker.

"Saya pikir ini akan sangat memperlambat virus," ujarnya.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat dalam memakai masker, berbagai bentuk masker pun semakin banyak dikembangkan. Namun sayangnya, tidak semua produsen masker memiliki pengetahuan yang baik dalam memilih material makser untuk mencegah virus COVID-19.

Beberapa masker dibuat dari bahan yang tidak efektif mencegah penularan COVID-19. Seperti misalnya masker yang terbuat dari scuba, Bunda.

Nah, agar Bunda tidak salah memilih, berikut 5 jenis masker dan efektivitasnya yang dirilis PT Kereta Commuter Indonesia (KCI):

1. Masker N95

Masker N95 disebut juga sebagai masker kesehatan, Bunda. Efektivitas masker ini disebut mencapai 95-100 persen dalam mencegah penularan COVID-19. Namun sayngnya, harga masker N95 dibandrol cukup mahal.

2. Masker bedah

Efektivitas masker atau surgical mask ini memiliki kemampuan 80-95 persen untuk menahan percikan droplet. Dibuat dari tiga lapisan, yaitu lapisan luar yang anti-air. Lalu, lapisan tengah yang berfungsi sebagai filter kuman. Terakhir, lapisan dalam yang bermanfaat untuk menyerap cairan ludah pemakainya.

3. Masker FFPI

Masker FFPI disebut juga sebagai masker bedah. Efektivitas masker ini mencapai 80-95 persen untuk menahan percikan droplet.

4. Masker bahan 3 lapis

Makser tiga lapis, bisa juga terbuat dari kain yang ditumpuk sebanyak tiga lapisan. Meskipun tak sekuat masker kesehatan, efektivitas masker ini mencapai 50-70 persen untuk menahan percikan cairan dari dalam mulut.

5. Masker scuba/buff

Dibandingkan masker jenis lainnya, ternyata masker scuba atau buff ini adalah yang paling rendah efektivitasnya, Bunda, yakni 0 hingga 5 persen saja lho. Bahayanya lagi, masker scuba atau buff ini hanya terdiri dari satu lapisan saja. Dikhawatirkan, belum bisa menahan percikan droplet dari pemakainya atau orang-orang di sekitarnya.

Semoga informasi mengenai 5 jenis masker dan efektivitasnya, bisa menjadi pertimbangan Bunda dalam memilih masker ya.

Simak juga cara membuat masker sendiri tanpa mesin jahit dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi