sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Tetap Produktif Saat WFO Kala Pandemi, Utamakan Kesehatan

Kinan Rabu, 16 Sep 2020 17:13 WIB
Young woman wearing face mask because of air pollution in the city Tips tetap produktif saat WFO kala pandemi/Foto: Istock

Selama pandemi COVID-19, bekerja dari rumah lebih dianjurkan. Tetapi ada beberapa perusahaan yang tetap menerapkan work from office alias WFO secara bergantian bagi karyawannya.

Supaya tetap produktif di kantor saat WFO, Bunda yang menjadi wanita karier jangan lupa untuk selalu memprioritaskan kesehatan. Jaga protokol kesehatan dan upayakan untuk tidak lalai.

Berikut 5 tips tetap produktif saat WFO yang bisa diterapkan:


1. Bawa perlengkapan kebersihan sendiri

Hindari pinjam-meminjam perlengkapan kebersihan saat sedang berada di luar rumah. Sediakan perlengkapan sendiri, termasuk hand sanitizer, sabun cuci tangan, tisu basah dan lain-lain.

Selain bisa digunakan untuk menjaga kebersihan alat kerja, perlengkapan ini juga penting dibawa jika Bunda bekerja naik kendaraan umum. Sering cek kelengkapannya di rumah ya, Bunda. Supaya tidak kehabisan hand sanitizer saat akan berangkat ke kantor.

2. Bawa bekal makanan dari rumah

Menghindari kerumunan menjadi salah satu faktor penting mencegah infeksi virus corona. Jika Bunda bekerja di kantor alias WFO, lebih baik bawa bekal sendiri dari rumah, ya.

Penting untuk membawa alat makan sendiri seperti kotak bekal, sendok garpu dan tempat makan guna menghindari risiko kontaminasi. Kalau Bunda butuh kotak makan baru, kini juga sudah banyak yang menjualnya via online, dengan berbagai warna dan ukuran.

3. Jaga jarak dan pakai masker

Ventilasi udara di ruangan kantor yang memiliki air conditioner (AC) disebut-sebut lebih berpotensi menyebarkan virus. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk tetap menggunakan masker selama bekerja.

Jika perlu, bawa masker ganti supaya efektivitasnya tetap terjaga. Kalau Bunda punya masker berbagai warna, bisa juga mix and match warnanya dengan pakaian kantor.

4. Berhati-hati saat naik kendaraan umum

Harus pulang pergi dengan kendaraan umum saat kerja, Bunda? Patuhi aturan yang ditetapkan seperti selalu menggunakan masker, ya.

Hindari juga tetap memaksakan diri naik kendaraan umum apabila kondisinya sudah sangat penuh. Ini dapat membuat jaga jarak tidak bisa dilakukan dengan optimal.

5. Istirahat cukup dan kurangi distraksi saat bekerja

Menurut konsultan karier Kathleen Kobel, menjaga fokus saat bekerja merupakan kunci penting untuk tetap produktif. Jika perlu, buat jadwal harian agar pekerjaan selesai tepat waktu. Hindari melakukan hal-hal yang kurang penting seperti terlalu banyak jajan atau mengobrol dengan rekan kerja.

Selain itu, untuk membantu meningkatkan fokus, jangan lupa juga untuk cukup tidur tiap malam. Hindari begadang dan cukupi kebutuhan istirahat agar bersemangat di kantor. Demikian dikutip dari Business News Daily.

Simak juga video tips aman WFO saat new normal:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi