sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala, Kenali 3 Penyebabnya

Melly Febrida   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 09:20 WIB
Macro closeup of modern luxury gas stove top with blue fire flame knobs and stainless steel pot with reflection and bokeh blurry blurred background caption

Penggunaan kompor gas dalam proses memasak sehari-hari sudah lazim digunakan. Kehadiran kompor gas memang memberikan beberapa keuntungan ya, Bunda, seperti memberi panas yang instan untuk memasak, hemat biaya, hingga bisa diandalkan meski ketika listrik padam.

Memasak dengan kompor gas tergolong aman dan mudah selama kompor yang digunakan aman. Meski terkadang, ada saja momen kompor gas tidak mau menyala meski gasnya masih penuh. Bunda mungkin pernah mengalaminya, ya.

Jika demikian, Bunda tak perlu langsung panik. Jika setelah diperiksa tabung gasnya masih berisi, maka ada beberapa faktor lain yang mungkin jadi penyebab kompor gas tidak menyala.


Nah, Bunda harus paham, apa ya kira-kira faktor yang menyebabkan kompor gas tidak menyala? Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Pelajari alasan umum kompor gas tidak menyala dan cara memperbaikinya yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

1. Penumpukan lemak dan posisi burner

Penumpukan lemak atau remah-remah makanan menjadi salah satu penyebab paling umum kompor gas sulit menyala. Kotoran bisa menghalangi aliran gas ke pemantik.

Cara mengatasinya: mulailah dengan membuka cover atau penutup kompor gas. Selanjutnya, lepaskan tutup pembakar (burner). Bersihkan semua komponen kompor yang berkerak karena bisa mempengaruhi kinerja kompor gas dan membuatnya susah menyala.

Banner 5 Tanda Janin Meninggal

Bersihkan area sekitar kompor gas ini dengan kain lap yang hangat dan bersabun. Atau menggunakan larutan cuka apel, lemon, jeruk nipis, baking soda, dan garam. Gunakan sesuai pilihan Bunda.

Celupkan kain ke dalam bahan-bahan pembersih di atas, kemudian oleskan pada bagian kompor yang berkerak dan bersihkan secara perlahan.

Melansir dari Allrecipes, kompor gas juga bisa susah menyala karena gangguan aliran gas menuju kompor pada bagian tungku atau burner. Rendam burner dalam cuka atau soda kue atau air hangat dan gunakan sikat kaku untuk menghilangkan kotoran.

Cuka dan soda kue merupakan pembersih alami. Cuka akan membantu memecah lemak, sedangkan soda kue berfungsi sebagai bahan penggosok ringan untuk menghilangkan sisa makanan dan residu yang menempel.

Terakhir, gunakan sikat gigi atau sikat gosok untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel. Bilas, keringkan, dan pasang kembali bagian-bagiannya burner, cover, dan grill, dan coba nyalakan burner sekali lagi.

Posisi burner yang tidak pas ternyata juga bisa mempengaruhi aliran gas dan membuat kompor gas susah menyala. Di beberapa kompor, penggantian burner cap bisa membuat katup dan alurnya tidak sejajar.

Jika ini benar, maka gas tidak dapat benar-benar masuk ke burner dan katup tertutup. Pastikan burner sudah terpasang sesuai posisinya ya, Bunda.

Apabila cara di atas tidak berhasil, coba periksa dan putar burner cap dengan benar, lalu coba lagi. Namun, jika kompor gas kompor gas Bunda masih tidak menyala juga, konsultasikan dengan ahlinya. 

Hari persalinan sudah dekat? Pilih pakaian yang tepat untuk Bunda dengan tips berikut yuk!

[Gambas:Video Haibunda]



CARA LAIN MEMPERBAIKI KOMPOR GAS YANG TAK MENYALA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!