sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Mengatur Keuangan Awal Tahun Agar Bebas Utang & Banyak Tabungan

Kinan Selasa, 05 Jan 2021 12:15 WIB
The woman hand is putting a coin in a glass  bottle and a pile of coins on a brown wooden table,Investment business, retirement, finance and saving money for future concept. caption

Jakarta - Tahun yang baru bisa menjadi momen tepat membenahi keuangan keluarga, termasuk juga untuk membuat target-target baru untuk urusan finansial. Bagaimana tips mengatur keuangan awal tahun yang tepat?

Dikutip dari The Balance, menetapkan target dan rencana yang sederhana jauh lebih baik dibandingkan langsung membuat perubahan besar. Terpenting, jangan lupa diskusikan dengan suami ya, Bunda.

Berikut 5 tips mengatur keuangan awal tahun agar bebas utang dan punya tabungan:


1. Mulai membuat pengaturan bujet

Coba ingat lagi, apakah tahun lalu sulit untuk menabung karena uang bulanan selalu habis tak bersisa? Bisa jadi ini karena tidak ada pengaturan bujet yang tepat.

Agar pola pengeluaran bulanan keluarga lebih efisien, yuk mulai konsisten membuat pengaturan bujet. Setelah gaji diterima, langsung pisahkan dan gunakan sesuai pos yang telah dibuat sejak awal.

2. Lunasi utang yang ada dan jangan menambah lagi

Segera melunasi utang dan tidak menambah lagi merupakan salah satu langkah besar pengendalian bujet. Jika memang sudah ada bujetnya, sebisa mungkin utamakan untuk melunasi utang dahulu ya, Bunda.

Utang yang ditunda pembayarannya tanpa disadari akan membuat pengeluaran bulanan terus-menerus besar. Salah satunya karena denda dan beban bunga. Menabung pun akan menjadi lebih sulit.

3. Konsisten menabung

Selain membayar utang atau cicilan, hal lain yang juga harus mulai konsisten diterapkan pada awal tahun baru ini adalah menabung. Sesedikit apa pun menabung akan sangat membantu dalam jangka panjang lho, Bunda.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu Bunda rutin menabung misalnya membuat daftar barang sebelum pergi belanja bulanan dan hindari makan di luar rumah terlalu sering.

Simak juga video tips mengelola keuangan:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19

5 Tips Mengatur Keuangan Awal Tahun Agar Bebas Utang dan Banyak Tabungan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi