sign up SIGN UP search


moms-life

5 Kesalahan Merawat Tanaman Hias Terrarium yang Jarang Disadari

Mutiara Ananda Selasa, 13 Oct 2020 04:00 WIB
Succulent in the geometry glass terrarium caption

Merawat tanaman hias di dalam wadah terrarium bisa menjadi hobi baru yang menyenangkan nih, Bunda. Dengan merawat terrarium, memungkinkan Bunda untuk menciptakan dan merancang ekosistem yang kreatif dan dekoratif.

Terrarium ini ibarat memindahkan taman ke dalam wadah kaca mini. Bunda bisa menanam tanaman hias dalam wadah kaca, dan diletakkan di dalam rumah. Meski menyenangkan, kebanyakan orang tidak menyadari beberapa kesalahan saat merawat tanaman hias terrarium.

Akibatnya, tanaman hias terrarium bisa cepat busuk, bahkan mati. Dilansir laman The Spruce, berikut ini sejumlah kesalahan saat merawat tanaman hias terrarium.


1. Terlalu banyak cahaya

Beberapa tanaman hias terrarium enggak butuh terlalu banyak cahaya, Bunda. Jadi, lebih baik pahami tipe tanaman hias terrarium Bunda, dan letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, ya.

Kaca terrarium sendiri bisa berfungsi seperti kaca pembesar yang dapat membakar tanaman jika terlalu banyak terpapar cahaya panas. Suhu dalam terrarium bisa naik dengan cepat tanpa Bunda sadari.

2. Terlalu sedikit cahaya

Meski terlalu banyak cahaya bisa menyebabkan tanaman hias terrarium Bunda mati dan busuk, sedikit cahaya juga akan menyebabkan masalah, nih. Jadi memang harus secukupnya ya, Bunda.

Jika cahaya yang didapat terrarium terlalu sedikit, Bunda bisa tambahkan dengan lampu neon atau meletakkan tanaman hias terrarium di dekat jendela.

3. Kaca kotor

Meski di dalam terrarium terdapat tanah, sesekali Bunda perlu bersihkan kacanya. Baik di permukaan bagian dalam, maupun di luar.

Untuk mempermudah, Bunda bisa gunakan kertas koran yang lembab atau kain yang tidak berbulu. Jangan gunakan produk pembersih ya, Bunda. Bahan kimia hanya akan merusak tanaman hias terrarium.

4. Terlalu banyak air 

Merawat tanaman hias terrarium sebenarnya sangat mudah lho, Bunda. Asal dilakukan dengan benar, termasuk cara menyiraminya.

Jangan siram tanaman hias terrarium terlalu banyak ya, Bunda. Untuk mencegah penyiraman berlebih, Bunda bisa gunakan botol semprot saja.

5. Dekat dengan sumber panas

Sumber panas seperti radiator dan ventilasi pemanas air bisa sangat berbahaya bagi tanaman hias terrarium nih, Bunda. Karena itu, Bunda perlu jauhkan tanaman hias terrarium dari sumber panas ini.

Jika Bunda meletakkan tanaman hias terrarium di dekat radiator atau sumber panas lainnya, sebagian dari tanaman terrarium tidak akan bertahan. Jadi perlu hati-hati ya, Bunda.

Simak juga video tanaman hias beracun:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi