sign up SIGN UP search


moms-life

Tanaman Hias Bunga Mawar Layu dan Tak Berbunga, Ini Cara Mengatasinya

Siti Hafadzoh Jumat, 11 Sep 2020 18:11 WIB
Woman gardener transplanting roses flowers from pot into wet soil after watering it with watering can. Summer garden work. caption
Jakarta -

Mawar masih menjadi tanaman hias favorit banyak orang. Bentuknya yang cantik dan wanginya harum membuat tanaman hias ini disukai.

Namun, pernahkah Bunda membeliĀ tanaman hias bunga mawar, kemudian ketika dirawat menjadi tidak berbunga? Bahkan, ada beberapa tanaman hias mawar yang layu setelah dibeli.

Tenang saja, Bunda enggak sendirian kok mengalami ini. Tanaman hias bunga mawar yang layu dan tak berbunga setelah dibeli dari toko adalah hal yang umum terjadi lho.


Petani dan pemilik toko tanaman hias Ibad Garden, Ibad Hamdan mengatakan, iklim tempat mawar tumbuh sangat berpengaruh, Bunda. Jadi, kalau iklim toko tanaman hias dengan iklim di rumah Bunda berbeda, sangat wajar mawar menjadi layu.

"Nah, sederhananya gini, harus menyamakan iklim dulu dan harus bersabar," kata Hamdan ketika dihubungi HaiBunda.

Tanaman hias bunga mawar memang akan mengalami kelayuan sementara ketika dibawa ke iklim yang lebih panas. Mawar biasanya dibudidayakan di area yang dingin.

"Nah, layu sementara itu tinggal disiram. Beres. Cuma kan ekspektasi konsumen, kebanyakan layu dianggap mati, padahal enggak," jelasnya.

Layu merupakan proses tanaman mawar beradaptasi dengan iklim barunya. Mawar sedang mencocokkan diri dengan suhu, air, tanah, dan udara di rumah Bunda.

Mawar sebenarnya merupakan tanaman liar lho. Sehingga, tanaman mawar sebenarnya mudah berbunga.

"Kalau mawar sebetulnya adalah tanaman liar. Kalau tanaman liar itu gampang banget tumbuh dan akan berbunga atau masuk pada pembiakan generatif, alamiahnya pada musim kemarau," kata Hamdan.

Memasuki musim kemarau, Bunda tidak perlu memberi pupuk pada tanaman mawar. Tanaman hias ini akan berbunga dengan sendirinya. Pokoknya, Bunda harus sabar dalam menanam mawar ya.

"Balik lagi, harus sabar. Sabar ngurusinnya, sabar ngerawatnya, sabar ngasih airnya, sabar (kalau) dia mati," kata Hamdan.

Lihat juga tanaman hias termahal di dunia di video berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi