sign up SIGN UP search


moms-life

Nikita Willy Prewedding Pakai Siger Pepadun, Bikin Bangga Orang Lampung

Annisa Afani Minggu, 27 Sep 2020 14:17 WIB
Nikita Willy caption
Jakarta -

Nikita Willy menuai pujian usai membagikan foto prewedding di akun Instagram miliknya. Ia dan sang calon suami, Indra Priawan, mengenakan pakaian adat Lampung.

Terlihat dalam beberapa foto yang diunggah, Nikita Willy begitu cantik dengan siger yang menghiasi kepalanya. Ia pun memberi keterangan kalau yang dikenakan adalah siger pepadun, yang merupakan khas Lampung.

"Siger Pepadun," tulisnya di akun @nikitawillyofficial94, dikutip Minggu (27/9/2020).


Gaya elegan yang diperlihatkan Nikita dan Indra pun langsung menuai beragam komentar, Bunda. Di antaranya artis cantik Alice Norin dan artis senior Marini Zumarnis.

"Cantiknya dek," tulis Alice.

Sementara Marini menulis, "Kereeen bgt @nikitawillyofficial94".

Ada juga netizen yang menyebut sebagai orang Lampung, merasa bangga melihat foto tersebut.

Seperti ditulis akun @sanli***, "Sikop nihan, bangga jadi ulun lampung".

Tak mau kalah, akun @marbh** pun ikut mengungkapkan rasa bangganya dengan komentar, "Kerennn, bangga baju adat Lampung dipakai @nikitawillyofficial94".

Sebagai informasi, siger pepadun ini merupakan mahkota yang dipakai pengantin wanita Lampung, Bunda. Bentuknya segitiga, berwarna emas, memiliki detail bentuk yang sangat khas, dan punya lekukan yang berjumlah 7 atau 9 dengan makna berbeda. Demikian mengutip Wikipedia.

Dilansir jurnal ISBI, siger dianggap sebagai simbol pemersatu masyarakat Lampung. Bentuk, warna, hingga hiasan aksesoris yang ada di mahkota tersebut menyiratkan persatuan dan kesatuan suku, serta keturunan masyarakat Lampung Pepadun dan Saibatin.

Siger menjadikan masyarakat Lampung Pepadun ataupun Saibatin terikat oleh persamaan kebudayaan, silsilah keturunan, kehidupan sosial budaya, bahkan rasa senasib sepenanggungan, Bunda. Siger juga menjadi sarana integrasi masyarakat suku di sana.

Itulah sebabnya, siger banyak dimunculkan di berbagai ornamen bangunan rumah, pasar modern maupun tradisional, gapura, dan sebagai simbol pemerintahan yang bertujuan sebagai simbol wujud kemajemukan masyarakat Lampung.

Bunda, simak juga kiat jalani rumah tangga LDR ala Tasya Kamila dan Randi, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!