sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Pernikahan Langgeng Walau LDR dengan Suami

Arina Yulistara Sabtu, 17 Oct 2020 12:44 WIB
Young Muslim woman having video call via laptop at home. Happy smiling Muslim woman sitting on sofa, couch and using laptop at living room at home, learning language, video calling. LDR dengan suami/Foto: iStock
Jakarta -

Mungkin Bunda sedang berpikir bagaimana caranya agar pernikahan langgeng saat harus long distance relationship (LDR) dengan suami. Bunda khawatir hubungan LDR bisa membuat pernikahan renggang.

Jangan khawatir, Bunda. Ada beberapa saran ahli untuk membuat pernikahan tetap langgeng dan harmonis walau harus LDR dengan suami.

Simak lima tips agar pernikahan langgeng walau harus LDR dengan suami sesuai saran pakar hubungan asmara. 


1. Pajang Foto

Meski kedengarannya konyol, namun ini menjadi salah satu tips pernikahan langgeng saat LDR dari banyak ahli. Dengan menampilkan foto Bunda dan suami di tempat khusus yang secara teratur selalu dilihat setiap hari seperti atas meja kerja atau samping tempat tidur bisa membuat hubungan tetap ‘hidup’.

Psikolog Ryan Howes mengatakan bahwa memajang foto bisa menjaga perasaan tetap kuat atau setidaknya memiliki pengingat visual tentang keberadaan pasangan. Ini juga menjadi bukti kalau suami selalu ada dan Bunda selalu jatuh cinta kepadanya. 

2. Jangan Membuat Asumsi

Terapis pernikahan dan keluarga, Carin Goldstein, menuturkan kalau menjaga pernikahan langgeng walau LDR sebaiknya tidak membuat asumsi. Sangat mudah membuat asumsi ketika komunikasi hanya bisa melalui teks, email, dan telepon. 

Belum lagi ditambah faktor eksternal yang mempengaruhi suasana hati. Oleh karena itu, sangat penting mengutarakan ketidaknyamanan yang Bunda rasakan saat sedang LDR dengan suami. 

“Kalian harus setuju untuk saling mengecek secara teratur satu sama lain agar tidak membuat asumsi yang salah,” ujar Carin seperti dilansir dari Huffington Post.

3. Sediakan Waktu Tiap Hari untuk Video Call

Sesibuk apa pun Bunda dan suami, coba sediakan waktu setiap hari hanya untuk melepas rindu dengan video call. Manfaatkan teknologi digital untuk menatap wajah suami melalui video online.

“Teknologi adalah cara yang hebat, walau terbatas tapi tetap terhubung,” kata Kristin Davin, seorang psikolog dan mediator klinis.

4. Buat Aturan Sejak Awal

Sebelum menjalani LDR dengan suami, ada baiknya membuat aturan sejak awal. Diskusikan ingin menjalani pernikahan LDR yang seperti apa.

“Misalnya, diskusikan seberapa sering akan menelepon, beberapa tujuan, dan waktu bertemu,” saran Kristin.

5. Tetapkan Tanggal Akhir

Ketika Bunda harus menjalani LDR dengan suami untuk urusan bisnis atau profesional, tetapkan tanggal akhir sejak awal. Banyak pasangan bertahan menjalani LDR dengan orang yang dicintai tapi akan menjadi sangat sulit jika tanggal akhir masih misteri. 

Untuk itu, sebelum LDR, Bunda harus mencari tahu kapan tanggal akhirnya. Kemudian buat konsep dan aturan bagaimana cara menjalaninya. 

Apa Bunda sudah melakukannya?

Simak juga video cerita cinta dr. Lula Kamal:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi