sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman Pembawa Kekayaan Menurut Islam

Kurnia Yustiana Rabu, 14 Oct 2020 04:00 WIB
buah tin caption
Jakarta -

Tanaman pembawa kekayaan yang instan rasanya tidak dikenal dalam Islam. Kekayaan dapat diraih melalui usaha manusia, serta ridha Allah.

Tak ada tanaman yang diciptakan sia-sia. Namun memang ada sejumlah tanaman yang tercantum dalam Al-Qur'an, yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Tanaman-tanaman tersebut tak jarang dijadikan barang jual beli, yang kemudian dapat mendatangkan kekayaan, Bunda.

Nah, apa saja ya tanaman yang tercantum dalam Al-Qur'an, dan dapat membawa kekayaan karena banyak manfaat dan laku dijual? Berikut ini daftarnya, dirangkum dari berbagai sumber.


1. Zaitun

Zaitun termasuk tanaman istimewa yang disebutkan beberapa kali dalam Al-Qur'an. Di antaranya dalam surat An-Nur dan An-Nahl.

Dalam berbagai penelitian modern, zaitun pun terbukti memberikan banyak manfaat. Misalnya saja buah zaitun yang diproses menjadi minyak, bermanfaat buat kecantikan hingga obat.

Studi oleh peneliti di University of Porto, Portugal menemukan adanya berbagai antioksidan seperti DHPEA-EDA pada minyak zaitun, yang membantu dalam menjaga sel darah merah dari kerusakan.

Sehingga minyak zaitun dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Lalu, dengan kandungan antioksidan tinggi, minyak zaitun juga disebut bisa memperlambat proses penuaan dengan menangkal radikal bebas.

2. Tin

Selain zaitun, tanaman buah tin juga disebut dalam Al-Qur'an. Tepatnya pada surat At-Tin ayat 1, Bunda.

"Demi (buah) tin dan (buah) zaitun."

Tanaman buah tin ini cukup populer di masyarakat karena mengandung berjuta manfaat buat kesehatan. Banyak yang membudidayakan tin untuk kemudian dijual. Dengan harga jual yang mahal, pedagangnya pun dapat meraih kekayaan, Bunda.

3. Pisang

Buah pisang disebut pula dalam Al-Qur'an. Pisang yang begitu populer dan tanamannya banyak ditanam di rumah ini, mengandung sejuta manfaat.

Pisang mengandung beragam zat gizi yang berguna bagi tubuh. Tanaman ini pun berpotensi mendatangkan uang jika ditanam dalam jumlah banyak dan dijual.

Baik itu daun, jantung, maupun buah pisang, semua memiliki nilai jual. Dengan peminat pisang yang tinggi, rasanya usaha berjualan pisang yang sungguh-sungguh ditekuni akan mendatangkan kekayaan ya, Bunda.

4. Kurma

Bicara soal tanaman yang disebut dalam Al-Qur'an, tentu tak lepas dari kurma. Pohon kurma tercantum dalam surat Maryam ayat 25.

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu."

Kurma yang kerap dinikmati untuk berbuka puasa ini mengandung banyak manfaat baik untuk tubuh. Ada pula kurma yang disebut-sebut berkhasiat meningkatkan kesuburan, dan sering dikonsumsi agar cepat hamil.

5. Anggur

Buah anggur ikut disebut dalam Al-Qur'an, Bunda. Beberapa kali buat ini tercantum dalam ayat Al-Qur'an, salah satunya surat Al-Mu'minun.

"Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur; di sana kamu memperoleh buah yang banyak dan sebagian dari (buah-buahan) itu kamu makan."

Anggur sendiri memiliki banyak manfaat, seperti mengusir stres dan penat. Lalu untuk penderita penyakit ginjal dan sistem pencernaan, anggur juga memberi manfaat yang baik.

Tidak mengherankan jika anggur banyak peminatnya. Harga jual anggur pun beragam. Tak sedikit yang dijual dengan harga tinggi.

Simak juga video tanaman hias termahal di dunia:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi