sign up SIGN UP search


moms-life

Tanaman Hias Pisang-pisangan Unik dan Murah, Bunda Sudah Punya?

Mutiara Ananda Senin, 19 Oct 2020 04:00 WIB
red flower on rainforest caption
Jakarta -

Kalau penggemar tanaman hias, Bunda mungkin pernah mendengar tanaman pisang-pisangan yang unik. Tanaman hias pisang-pisangan Heliconia rostrata ini daunnya berwarna hijau tua dan bertekstur seperti pisang.

Untuk mendapatkan tanaman hias pisang-pisangan, Bunda enggak perlu merogoh kocek yang tinggi. Mulai dari Rp10 ribu hingga Rp60 ribu saja, tergantung besarnya tanaman.

Nah, tanaman hias pisang-pisangan bisa tumbuh mencapai sekitar 120 cm. Bunga tanaman hias pisang-pisangan yang satu ini umumnya berwarna merah cerah, dengan ujung kuning dan hijau.


Nah, bunganya yang kekuningan akan menghasilkan nektar yang melimpah. Tentunya tampilan bunga pisang-pisangan ini cocok sekali mempercantik halaman rumah Bunda.

Dilansir Gardenia, tanaman pisang-pisangan akan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh atau sedikit teduh. Tanaman hias ini juga butuh humus dan tanah yang lembap.

Dikutip dari laman The Spruce, ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan untuk merawat tanaman pisang-pisangan di rumah Bunda. Mulai dari air hingga pemupukan.

1. Cahaya

Heliconia rostrata akan tumbuh dengan subur dalam kondisi yang sama seperti tanaman pisang pada umumnya. Tanaman hias pisang-pisangan ini dapat mentolerir kondisi cahaya dari sinar matahari penuh.

2. Air

Semua spesies heliconia membutuhkan air yang cukup untuk berkembang. Karena itu, Bunda perlu sering menyiraminya.

Jika tanaman hias pisang-pisangan mengalami kekeringan, daunnya akan berubah menjadi cokelat, terutama pada tepiannya. Sementara selama musim dingin, gunakan air hangat untuk menyiramnya.

3. Tanah

Jika menanam tanaman hias pisang-pisangan pada pot, Bunda perlu menyiapkan tanah gambut dan drainase yang baik agar bisa tumbuh lebih subur.

4. Pupuk

Pupuk cair tidak terlalu baik untukĀ tanaman pisang-pisangan nih, Bunda. Terutama selama musim tanam. Bunda perlu kurangi pupuk menjadi sebulan sekali atau lebih selama musim yang lebih dingin.

Simak juga video tanaman hias termahal di dunia:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi