sign up SIGN UP search


moms-life

Belanja Aman Ke Supermarket di Tengah Pandemi, Ikuti 10 Tips Ini Yuk

Siti Hafadzoh Rabu, 18 Nov 2020 15:02 WIB
Asian women and surgical mask shopping some food in supermarket, covid-19 crisis caption
Jakarta -

Di tengah pandemi corona, kita memang dianjurkan untuk di rumah saja. Tapi, ketika stok makanan dan keperluan sudah habis, Bunda harus keluar rumah untuk belanja nih.

Beberapa orang biasanya memilih untuk belanja bulanan di supermarket karena lebih bersih dan lengkap. Tak perlu khawatir, supermarket sekarang sudah menerapkan protokol kesehatan kok.

Bunda bisa belanja dengan tenang dan aman di supermarket asalkan mematuhi aturan. Bagaimana tipsnya?


Dilansir CTV News, ini 10 tips aman belanja di tengah pandemi:

1. Sabar antre

Di tengah pandemi corona, supermarket biasanya menerapkan pembatasan kapasitas pengunjung. Jadi, kalau kapasitasnya sudah penuh, Bunda perlu mengantre nih.

Pembatasan pengunjung ini bertujuan agar Bunda tetap bisa jaga jarak dengan pengunjung lain. Makanya, Bunda harus sabar ya kalau diminta antre beberapa menit.

2. Perhatikan tanda

Nah, supermarket sudah memberikan tanda di lantai atau dinding. Tanda tersebut dipasang untuk mengatur jalan.

Jalur masuk dan keluar supermarket sudah diatur dan diberi tanda nih. Jadi, perhatikan tandanya ya, Bunda.

3. Tak perlu ajak anak-anak

Belanja bulanan merupakan salah satu momen yang asyik ketika dilakukan bersama keluarga. Tapi, di tengah pandemi ini sebaiknya Bunda tak perlu ajak anak-anak ya.

Pergi sendirian ke supermarket di tengah pandemi akan membuat belanja lebih efektif. Semakin sedikit orang yang ada di supermarket, semakin mudah untuk menjaga jarak.

4. Tulis daftar belanja

Sebelum berangkat belanja, sempatkan dulu untuk cek stok bahan makanan yang ada di dapur. Jangan lupa juga untuk melihat persediaan sabun dan alat mandi.

Catat barang-barang keperluan yang sudah habis. Daftar belanja ini akan memudahkan dan mempersingkat waktu Bunda berada di supermarket.

5. Tak perlu borong berlebihan

Bunda memang perlu membeli stok makanan untuk beberapa hari ke depan. Tapi, tak perlu membeli makanan berlebihan ya, Bunda.

Tenang saja, Bunda tidak akan kehabisan stok makanan kok. Sebaiknya, beli barang untuk stok 2 minggu ke depan.

6. Harus mengerti

Mungkin beberapa stok keperluan dan bahan makanan di supermarket menipis. Misalnya, jahe yang sempat hits beberapa waktu lalu.

Banyak orang yang mencari jahe. Sehingga, persediaannya semakin menipis. Bunda harus mengerti bahwa akan sulit menemukannya di supermarket.

7. Minimalkan menyentuh barang

Ketika berbelanja di supermarket, hindari menyentuh terlalu banyak barang ya. Cukup lihat-lihat saja barangnya.

Kalau sudah yakin ingin beli, baru masukkan ke keranjang. Kita tidak tahu kan barang-barang tersebut bersih atau sudah terpapar virus.

8. Gunakan kantong belanja yang bersih

Beberapa supermarket memang masih menyediakan kantong plastik. Mereka menyediakan kantong plastik yang masih baru.

Namun, kalau Bunda terbiasa menggunakan kantong belanja sendiri, pastikan sudah bersih ya. Bawa kantong belanja yang sudah dicuci bersih.

9. Bayar tanpa cash

Uang merupakan salah satu benda yang dapat menularkan bakteri dan virus. Makanya, Bunda disarankan untuk membayar tanpa uang cash.

Bunda dapat membayar belanjaan dengan kartu ATM. Tapi, yang paling efektif untuk mengurangi menyentuh barang adalah dengan aplikasi yang tinggal tap.

10. Patuhi aturan antre

Dulu ketika akan membayar, jarak antre kita dengan pengunjung lain mungkin sangat rapat. Tapi, sekarang sudah tidak bisa lagi seperti itu ya, Bunda.

Di jalur antrean kasir, sudah ada tanda di mana Bunda harus berdiri. Jangan sampai melewati garis yang sudah ditentukan ya. Tanda ini dibuat supaya Bunda dan pengunjung lain tetap bisa menjaga jarak.

Supermarket dapat menjadi salah satu tempat sumber penularan virus. Untuk itu, selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

Lihat juga tips membuat usaha rumahan di tengah pandemi berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

Chow Yun Fat dan istri

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi