sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Menggoreng Ikan Tanpa Takut Lengket dan Nutrisinya Terjaga

Yuni Ayu Amida Jumat, 20 Nov 2020 07:10 WIB
Red snapper fish being fried in frying pan on stove. Cooking vegetarian meal. caption
Jakarta -

Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya protein. Ini artinya mengonsumsi ikan adalah hal yang baik.

Hanya saja, kita kadang kesulitan saat mengolah ikan. Sebab, ikan mudah lengket bahkan hancur saat digoreng. Lalu bagaimana sebenarnya cara menggoreng ikan agar tidak lengket?

Berikut ini 7 cara menggoreng ikan tanpa takut lengket, serta cara memasak yang benar agar nutrisinya terjaga.


1. Kurangi kelembapan

Melansir Bonappetit, daging fillet ikan segar menyimpan banyak kelembapan. Dan kelembapan sebenarnya adalah alasan mengapa daging dan kulit menempel pada wajan atau pemanggang tempat mereka dimasak.

Saat Bunda memasak ikan, ayam, atau protein apa pun, dan menginginkan daging yang keras dengan kulit yang renyah atau warna cokelat yang bagus, sangat penting untuk mengeringkan kelembapan permukaan sebanyak mungkin. Jika tidak, Bunda hanya akan mengukus daging, tidak membakar atau membuatnya menjadi kecokelatan.

Menepuk-nepuk permukaan daging hingga kering dengan beberapa handuk kertas, dan membiarkannya di rak kawat selama sekitar satu jam pada suhu kamar akan membantu mengeringkan kulit. Ini juga akan membantu menghilangkan rasa dingin pada daging, memungkinkannya untuk matang lebih cepat dan merata.

2. Pilih alat memasak yang tepat

Untuk ikan, wajan baja tahan karat besar adalah pilihan tepat. Jangan pernah gunakan anti lengket untuk membakar ikan berkulit renyah. Tentu, kulitnya tidak akan menempel, tetapi juga tidak akan pernah benar-benar kering.

Jadi pastikan untuk memilih alat masak yang tepat untuk daging, ikan, maupun ayam yang ingin Bunda masak.

3. Mulai menggoreng

Panaskan dua sendok makan minyak dalam wajan dengan api sedang-besar sampai Bunda melihat kilau minyak dan gumpalan asap tipis mulai naik. Letakkan sisi kulit ikan dengan hati-hati di tengah wajan. Wajan harus mendesis dan berderak.

Dengan menggunakan spatula ikan atau spatula logam yang sangat tipis, segera tekan bagian atas filet ke bawah agar sisi bawah filet menyentuh wajan. Tahan selama sekitar 30 detik atau hingga resistansi hilang.

Klik next ya, Bunda, untuk cara menggoreng berikutnya.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga tips menyimpan ikan dan ayam dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi