sign up SIGN UP search


moms-life

10 Jenis Tanaman Hias yang Tahan Panas, Cocok untuk Iklim Indonesia!

Azhaar Savira Jumat, 20 Aug 2021 04:00 WIB
Untuk negara tropis yang berlimpah sinar matahari seperti Indonesia, tanaman hias yang tahan panas amat cocok dipelihara, Bunda! caption

Menanam dan merawat tanaman hias merupakan kegiatan yang menyenangkan. Jajaran tanaman hias memberikan banyak manfaat, salah satunya tentu mempercantik pemandangan rumah Bunda.

Dalam memilih tanaman, salah satu faktor yang harus Bunda perhatikan adalah ketahanannya terhadap cuaca. Untuk negara tropis seperti Indonesia, tentu tanaman hias terbaik adalah yang tahan panas. Terlebih jika rumah Bunda banyak terpapar sinar matahari langsung.

Mengapa hal itu penting? Sebab, tanaman hias memiliki keunikannya masing-masing. Ada jenis yang tahan dan justru tumbuh subur jika terkena sinar matahari langsung, ada yang malah mati jika terkena sinar matahari terlalu banyak.


Nah, jika area rumah Bunda termasuk yang kaya sinar matahari, berikut ini rekomendasi 10 tanaman hias tahan panas yang bisa Bunda pertimbangkan untuk diadopsi, ya.

1. Bunga Tasbih

Tanaman ini sebetulnya bukan asli dari Indonesia, tapi Bunda pasti sering melihatnya di pekarangan rumah atau taman kota. Bentuk daunnya mirip daun pisang, bunganya warna-warni mulai dari merah hingga oranye.

Tanaman hias yang memiliki nama lain 'canna' atau 'canna lily' ini dapat bertahan di segala cuaca, baik panas maupun hujan. Merawatnya pun tidak sulit, hanya perlu menyiramnya setiap hari dan mendapatkan sinar matahari cukup. 

2. Petunia atau Bunga Terompet

Punya area halaman yang cukup untuk meletakkan tanaman hias yang rimbun? Coba tanam petunia, Bunda. Bunga petunia ini sering juga disebut bunga terompet karena bentuknya yang memang mirip terompet. Tanaman ini dapat tumbuh di segala kondisi cuaca, lho.

Petunia dapat dijemur selama kurang lebih 5 jam dan akan tumbuh subur jika terkena sinar matahari langsung. Namun, jika Bunda menjemur kurang dari 5 jam Bunda tidak perlu risau karena tanaman ini akan tetap tumbuh. 

3. Cemara norfolk

Tanaman hias yang satu ini memiliki nama yang sedikit rumit lho Bunda yaitu Araucaria heterophylla. Tapi jangan salah walaupun namanya sedikit susah diingat tanaman hias ini banyak disukai. 

Cemara norfolk sangat cocok ditanam bagi Bunda yang memiliki halaman atau kebun rumah yang cukup luas, karena diketahui bahwa tanaman ini tingginya bisa mencapai 6 meter. Menariknya, tanaman ini dapat bertahan di cuaca panas. Jadi, pastikan rumah Bunda mendapat sinar matahari yang cukup. 

4. Bunga Krokot

Bunga krokot cocok nih untuk Bunda yang tidak memiliki waktu luang untuk merawat tanaman atau ingin merawat namun terhalang dengan kesibukan lain. Sebab, cara merawatnya cukup mudah. Bunda hanya perlu menyiram tanaman ini ketika dirasa tanah pada tanaman bunga ini sudah mengering. 

Bunga krokot akan tumbuh sempurna jika terpapar sinar matahari langsung. Saat pagi ataupun siang hari, Bunda dapat menaruh di bawah terik matahari. 

5. Sansevieria

Tak perlu diperdebatkan, tanaman ini mungkin termasuk tanaman yang wajib dipunya di rumah. Bukan cuma cocok dipelihara pecinta tanaman hias, Bunda yang baru ingin mulai mengoleksi pun bisa menanamnya.

Tanaman yang dikenal dengan nama lidah mertua sangat mudah dipelihara. Tanpa perlu sering-sering disiram, ia akan tetap tumbuh. Diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan pun cocok-cocok saja, Bunda. 

Ditambah lagi, tanaman hias ini mampu menyaring polutan di sekitarnya, lho. Udara jadi lebih bersih dengan keberadaannya. Tak hanya itu, saat malam hari tanaman ini bisa mengubah karbondioksida menjadi oksigen.

Lanjut baca halaman berikutnya, Bunda.

Nah, di video ini Bunda bisa cek tanaman hias yang cocok untuk ditempatkan di lokasi yang bercahaya redup ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



KAMBOJA JEPANG HINGGA SPIDER PLANT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!