sign up SIGN UP search

moms-life

8 Tanaman Hias Indoor Ukuran Kecil untuk Hiasi Rumah Bunda yang Sempit

Cindy Victoria   |   Haibunda Kamis, 19 Aug 2021 04:00 WIB
Succulent houseplant Crassula on the windowsill against the background of window. Selective focus caption

Tanaman hias mempunyai banyak fungsi, Bunda. Selain sebagai dekorasi mempercantik rumah, tanaman hias juga memiliki fungsi untuk memberikan udara segar di tempat tinggal Bunda.

Tanaman hias kini tak hanya dimanfaatkan untuk mempercantik halaman atau teras rumah. Bunda juga bisa lho, meletakkan tanaman hias indoor. Tinggal sesuaikan saja jenis tanaman dengan ukuran ruangan Bunda.

Tanaman yang berasal dari keluarga sukulen, mungkin dapat menjadi referensi untuk Bunda dalam menambahkan warna hijau di meja atau rak Bunda. Untuk Bunda yang tidak terlalu ingin repot dengan pot-pot besar, tanaman kecil yang dapat ditaruh di mana saja ini dapat menjadi referensi untuk Bunda dan keluarga. 


Dirangkum dari proflowers, berikut adalah tanaman hias indoor berukuran kecil yang cocok untuk apartemen atau rumah yang sempit.

1. Baby toes

Tanaman yang berasal dari keluarga sukulen ini memanglah sangat lucu dan unik. Selain itu, nama tanaman ini diambil karena bentuknya yang kecil sesuai dengan jari kaki bayi.

Untuk perawatannya, Bunda tak perlu khawatir karena tanaman ini sangat mudah. Dengan membutuhkan sinar matahari secara tidak langsung, penyiramannya pun Bunda dapat lakukan seminggu sekali karena tanaman ini cukup kering. Tanaman ini paling cocok diletakkan di meja-meja baik entah meja rias maupun meja kerja Bunda, lho!

2. Echeveria

Salah satu keluarga sukulen yang sudah populer ini, memang dapat Bunda temukan di kantor-kantor maupun seperti restoran sebagai salah satu tanaman hias dengan perawatan yang cukup mudah.

Bunda hanya perlu meletakkannya yang dekat dengan pencahayaan yang baik, penyiraman yang dapat Bunda lakukan seminggu sekali atau ketika tanah sudah cukup kering.

Tanaman hias kecil ini paling cocok diletakkan sebagai dekorasi meja. Namun, kebanyakan dari tanaman ini mati karena overwatering atau kelebihan air ketika penyiraman. 

3. Jade Plant

Daunnya yang tebal dan hampir berbentuk oval ini menjadi tanaman hias yang terkenal karena keunikannya. Selain itu, tanaman ini dapat hidup dalam jangka waktu yang cukup lama, perawatannya pun sangat mudah.

Pencahayaan yang sesuai dan penyiraman yang cukup akan membuat tanaman ini dapat hidup hingga bertahun-tahun. 

Jika Bunda menginginkan daun dari tanaman tersebut bagus dan berkilau, cukup dengan Bunda bersihkan sesekali untuk mengurangi penumpukan yang terjadi seperti terdapat debu. Hal tersebut akan membuat daun menyerap sinar matahari lebih maksimal. 

4. Lithops

Tanaman yang menyerupai batu ini mampu bertahan hidup di suhu panas dengan sedikit air nih, Bunda. Tak hanya itu, tanaman ini juga dikenal sebagai batu hidup. Bentuknya seperti batu atau kerikil kecil ini menjadi daya tarik unik tersendiri. 

Simak jenis tanaman hias lain di halaman selanjutnya, Bunda.

Simak juga jenis tanaman hias indoor berikut ini, untuk memperbaiki kualitas udara Bun!

[Gambas:Video Haibunda]



ANTHURIUM HINGGA CHINESE MONEY PLANT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!