sign up SIGN UP search


moms-life

Alasan Lansia Harus Rajin Olahraga di Masa Pandemi, Bisa Cegah Dimensia Bun

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 04 Dec 2020 14:53 WIB
Senior athletes jogging in the park caption
Jakarta -

Menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Tak terkecuali untuk anak-anak dan orang tua yang banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

Terutama untuk lansia, sangat disarankan rutin berolahraga, Bunda. Apalagi bagi lansia yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) seperti paru-paru dan jantung. Mengutip laman Covid.go.id, lansia sangat disarankan untuk rajin berolahraga agar tetap bugar.

Tapi ingat ya, kalau mau mengajak orang tua berolahraga pilih kegiatan dengan intensitas ringan dan sedang. Selain itu, olahraga hanya perlu dilakukan sebentar saja. Jadi, tidak harus berat atau lama ya.


Mengapa olahraga perlu dilakukan? Melansir laman NCBI, pandemi COVID-19 sangat memengaruhi hidup lansia secara tidak proporsional. Dampak yang langsung terlihat adalah tingkat kematian yang sangat tinggi. Bahkan, di Amerika Serikat tercatat sekitar 80 persen kematian meningkat pada usia di atas 65 tahun.

Hal ini juga merupakan efek dari lock down dan social distancing yang membuat aktivitas fisik mereka semakin berkurang. Selain itu, kegiatan bersosialisasi dan bergabungnya dengan kelompok lain bisa berdampak buruk pada orang yang sudah lanjut usia. Aktivitas fisik sangat berkaitan dengan manfaat kesehatan di tingkatan usia ini.

Terdapat bukti kuat bahwa aktivitas fisik sangat berkaitan dengan banyak manfaat kemampuan fungsional, termasuk mobilitas, dan kemandirian dalam aktivitas pribadi dan komunitas serta kehidupan segari-hari mereka.

Sedangkan aktivitas fisik diketahui juga meningkatkan hasil pada orang tua dengan penyakit kronis seperti kardiovaskular, serebrovaskular, demensia, dan gangguan kognigtif. Berkurangnya aktivitas fisik dan mobilitas seringkali menjadi penyebab dari penurunan kemandirian, kualitas hidup, dan kematian.

Lalu, olahraga seperti apa yang aman dilakukan orang tua selama pandemi COVID-19? Simak di halaman selanjutnya yuk, Bunda. Klik NEXT dulu ya!

Bunda, simak yuk kenapa lansia lebih mudah terpapar COVID-19. Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner GunawanFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari



Olahraga untuk cegah dimensia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi