sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Atur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19

Annisa Afani Senin, 28 Dec 2020 16:30 WIB
young couple counting money while sitting on floor in new apartment caption
Jakarta -

Di fase pandemi COVID-19 saat ini, tak dapat dimungkiri, banyak keluarga yang merasakan dampak ekonominya secara langsung ya, Bunda. Sehingga, tak jarang Bunda akan merasa waswas karena dana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dan menutupi pengeluaran mendadak terasa menjadi lebih banyak.

Saat hal ini terjadi dan dialami, maka Bunda perlu untuk berpikir secara kreatif. Dengan begitu, Bunda dapat mengelola dana keluarga sesuai rencana yang diatur.

Mengutip covid19.go.id, ada beberapa tips yang perlu dan dapat Bunda diperhatikan untuk mengatasi masalah keuangan keluarga. Selain memiliki sumber pemasukan, komunikasi dengan pasangan pun menjadi hal yang tak kalah penting, lho.


"Kunci pengelolaan dana keluarga ada di keterbukaan, omongin semua dengan pasangan, dan atur prioritas dana," tutur Gilman Pradana, seorang entrepreneur.

Tak hanya itu, Gilman juga mengatakan bahwa penting untuk memilah mana yang jadi kebutuhan maupun keinginan. Selanjutnya, buat perencanaan dana darurat dan harus pintar-pintar memutar otak untuk menemukan cara agar lebih berhemat.

Hal lain yang menjadi catatan penting, Gilman menyarankan agar Bunda menulis semua pengeluaran dan pemasukan. Dengan begitu, maka semuanya dapat terkontrol dengan aman.

"Cari celah investasi untuk penghasilan tambahan, tapi ingat jangan sampai kena investasi bodong," saran Gilman.

Nah, Bunda. Yuk mulai sekarang kita terapkan saran tersebut. Selama Bunda berpikir dengan kreatif, maka akan selalu ada solusi untuk menghadapi situasi ini.

Jangan lupa juga untuk menerapkan protokol kesehatan ya. Selalu #ingatpesanbunda untuk #cucitanganpakaisabun, #jagajarak, dan #memakasimasker saat berada di tempat umum. Semoga Bunda dan keluarga selalu diberi kesehatan, ya. Aamiin.

Bunda, simak juga yuk kenapa kasus COVID-19 terus meningkat dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Lesti Kejora



(AFN/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi