sign up SIGN UP search


moms-life

9 Langkah Mudah Membersihkan Oven di Rumah

Hilda Irach Senin, 11 Jan 2021 08:16 WIB
Close up of female hands with protective gloves scrubbing oven in kitchen Ilustrasi membersihkan oven/Foto: Getty Images/iStockphoto/Jevtic

Jakarta - Berbagai peralatan rumah tangga tentu perlu dibersihkan secara berkala ya, Bunda. Misalnya saja oven listrik.

Terutama bagi Bunda yang suka menggunakan oven untuk memanggang aneka masakan seperti kue, daging, ayam, dan lain sebagainya. Pastinya akan meninggalkan sisa-sisa makanan atau kotoran di dalam oven ya, Bunda. Nah, jika sisa makanan tersebut dibiarkan menumpuk tentu akan menjadi kerak.

Bila kotoran sudah menumpuk, maka oven harus segera dibersihkan. Sebab, kerak yang dibiarkan menempel pada oven akan memicu api nih, Bunda. Berbagai kotoran sekecil apapun juga mampu membuat oven menjadi mudah berkarat dan tidak awet.


Oleh karena itu, membersihkan kotoran yang menempel pada oven sangat penting untuk dilakukan. Bahkan menurut seorang ahli pembersihan internal di Merry Maids, Debra Johnson, sisa-sisa yang menempel pada Jika terus dibiarkan akan memengaruhi masakan Bunda.

“Aroma minyak atau kotoran yang menempel dapat memengaruhi hidangan yang Anda masak,” kata Johnson, dikutip dari Cooking Light.

Bunda tentu tak ingin makanan yang dipanggang berbau aneh bukan? Makan juga pasti jadi tak berselera. Walau demikian, membersihkan oven tentu bukan suatu perkara yang mudah.

Terlebih jika Bunda sudah lama tak membersihkan oven tersebut, sehingga penuh kerak dan berkarat. Bila sudah menjadi demikian, maka akan dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra nih, untuk membersihkan oven.

Menggunakan bahan kimia sebagai pembersih oven juga tak disarankan. Nah, agar aman dan tak terpapar zat kimia, membersihkan oven sebaiknya menggunakan pembersih alami. Seperti dengan menggunakan baking soda atau soda kue.

Dengan soda kue, Bunda tetap bisa membersihkan kotoran yang menempel di oven secara alami dengan optimal. Bunda juga tak perlu mengeluarkan biaya yang besar nih, untuk membeli pembersih oven. Soda kue pun memiliki harga yang terjangkau dan mudah ditemukan di warung atau pasar terdekat.

Sebelum mulai membersihkan oven, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar tak membahayakan tangan, Bunda. Seperti menyiapkan sarung tangan, kain lap basah, spatula silikon atau plastik, dan botol semprot.

Berikut ini selengkapnya 9 langkah mudah membersihkan oven dengan soda kue yang dikutip dari The Kitchn. Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video cara menyimpan sayuran agar tak mudah busuk:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari



(kuy/kuy)
Langkah Mudah Membersihkan Oven
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi