sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Memasak Telur Ramen Lembut ala Jepang

Hilda Irach Sabtu, 09 Jan 2021 12:53 WIB
Close up shot of miso noodle ramen with chopped pork meat and soft boiled egg caption

Jakarta - Siapa yang tak mengenal ramen, sajian mi berkuah khas Jepang ini memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Tak jarang, telur setengah matang menjadi toppingĀ favorit yang dipilih banyak orang untuk memperkaya rasa mi ramen.

Telur ramen tersebut dinamakan ajitsuke tamago dalam Bahasa Jepang. Meski terlihat serupa, rasa telur ramen ini pun berbeda dari telur rebus pada umumnya nih, Bunda. Telur ramen dimasak dengan tingkat kematangan yang terbilang sempurna.

Melansir dari Food Network, yang dimaksud dari telur sempurna untuk ramen adalah tekstur kuning telur yang lengket dan bisa disendok seperti selai. Tekstur kuning telur tersebut juga kerap disebut sebagai jammy atau selai.


Dengan kuning telur yang menyerupai selai ini, akan menghasilkan tekstur telur yang lebih lembut dan berair saat di gigit ke mulut. Ketika Bunda menggali mi dengan sumpit, kuning telurnya akan meresap ke dalam kaldu kuah mi ramen. Sehingga akan memperkaya cita rasa kuah ramennya nih, Bunda. Mendengarnya saja sudah membuat perut keroncongan ya.

Selain itu, tak hanya dijadikan sebagai teman makan ramen, ada banyak cara menyantap telur selai ini lho, Bunda. Misalnya dengan menambahkannya ke dalam roti panggang alpukat, menambahkan ke dalam pasta, atau mengemasnya ke dalam makan siang Bunda.

Tidak hanya lezat, sejumlah manfaat dari mengonsumsi telur rebus tak bisa diragukan lagi ya, Bunda. Melansir dari Healthline, telur rebus lebih rendah kalori jika dibandingkan telur yang digoreng. Telur rebus kaya akan nutrisi penting seperti mineral, lemak, protein, vitamin A, hingga vitamin B5 yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cara membuat telur rebus ala Jepang ini pun juga sangat mudah lho. Tak perlu ke restoran Jepang untuk menyantap mi ramen beserta telurnya, Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih hemat, tentunya lebih higienis nih, Bunda.

Tak hanya itu, kalau Bunda membuat banyak, telur setengah matang ini dapat disimpan di kulkas setelah direbus. Bahkan bisa awet hingga tiga hari lamanya.

Untuk memanaskannya kembali, cukup celupkanĀ telur ke dalam air mendidih selama 1 menit, atau tambahkan ke semangkuk ramen panas, telur ala Jepang ini tetap akan nikmat disantap.

Namun, beberapa hal ini perlu diperhatikan untuk menghasilkan telur lembut yang sempurna untuk ramen ini. Dikutip dari Bon Appetit, berikut ini cara memasak telur ramen lezat ala Jepang. Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA, Bunda.

Simak juga video resep telur geprek:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19



(kuy/kuy)
Cara Memasak Telur Ramen Lembut ala Jepang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi