sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Memilih Wajan Anti-lengket, Enggak Harus Mahal Bun

Hilda Irach Selasa, 29 Dec 2020 08:25 WIB
ilustrasi teflon caption

Jakarta - Sebagai seorang ibu, biasanya tak lepas dari memasak dapur ya, Bunda. Untuk mendukung proses memasak, diperlukan berbagai peralatan mumpuni, termasuk wajan.

Ada beragam jenisĀ wajan yang beredar di pasaran dengan menawarkan kelebihannya masing-masing. Namun, salah satu jenis yang dipilih oleh banyak orang adalah wajan anti-lengket.

Wajan anti-lengket tampaknya lebih digemari jika dibandingkan dengan yang biasa. Bukan tanpa alasan, wajan anti-lengket ini memiliki lebih banyak keunggulan.


Misalnya dapat mempermudah proses memasak, serta tidak membuat makanan menempel di permukaan wajan. Jenis wajan satu ini sangat cocok untuk memasak makanan lembut yang berpotensi menempel pada wajan. Seperti pancake, telur, sosis, hingga daging panggang.

Keunggulan lainnya, wajan lebih mudah dibersihkan nih, Bunda. Dengan lapisan permukaan yang anti-lengket, sisa makanan dan kotoran yang membandel tentu jadi mudah terangkat saat dicuci.

Dengan menggunakan wajan anti-lengket, Bunda pun tak perlu menggunakan banyak minyak saat menggoreng makanan. Wajan ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Bunda yang sedang menjalani diet atau ingin mengonsumsi sedikit lemak.

Kendati demikian, terdapat kontroversi dalam penggunaan wajan anti-lengket untuk memasak lho, Bunda. Banyak orang yang ragu menggunakan peralatan masak yang satu ini dikarenakan beberapa sumber mengklaim wajan anti-lengket berbahaya bagi kesehatan, termasuk menyebabkan risiko kanker.

Hal ini dikarenakan wajan anti-lengket menggunakan perfluorooctanoic ACID (PFOA) atau bahan kimia yang sebelumnya pernah digunakan untuk membuat wajan anti-lengket. Bahan kimia ini bersifat karsinogenik dan diyakini bisa mengendap di dalam tubuh bila Bunda menggunakannya secara terus menerus.

Namun, jangan khawatir Bunda. Dikutip dari Healthline sebagian besar produsen wajan anti-lengket telah menghentikan penggunaan asam PFOA yang diduga pemicu kanker sejak 2013 silam.

Saat ini, banyak produsen yang telah beralih menggunakan bahan lebih aman dalam pembuatan wajan anti-lengket. Kalau masih ragu, Bunda bisa menemukan kata-kata 'Bebas PFOA' di hampir setiap wajan anti-lengket yang beredar di pasaran.

Selain itu, buat Bunda yang ingin membeli wajan anti-lengket, ada berbagai hal yang bisa menjadi pertimbangan nih. Dilansir Choice Australia dan Taste of Home, berikut ini 5 cara memilih wajan anti-lengket yang tepat. Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video tips bersihkan panci gosong jadi kinclong:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Lesti Kejora



Cara Memilih Wajan Anti-lengket
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi