sign up SIGN UP search


moms-life

Resep Kari Ayam Kampung, Menu Makan yang Nikmat

Hilda Irach Sabtu, 09 Jan 2021 19:21 WIB
Chicken in spicy coconut sauce caption

Jakarta - Tak bisa dimungkiri, ayam merupakan makanan favorit banyak orang. Hampir di setiap rumah, menu makanan berbahan dasar ayam tidak pernah dilewatkan.

Selain memiliki rasa yang lezat, ayam dapat diolah menjadi beragam jenis masakan yang menggugah selera. Mulai dari ayam goreng, ayam tepung crispy, ayam woku hingga sup ayam, olahan berbahan dasar ayam selalu sukses menggugah selera.

Salah satu olahan ayam yang cocok menjadi hidangan keluarga yaitu kari ayam kampung. Kari ayam kampung termasuk salah satu hidangan yang umum di Indonesia.


Sekilas kari ayam kampung memang mirip dengan opor ayam. Namun, perbedaannya terletak pada bumbu dan rempah yang digunakan. Ciri khas dari kari ayam kampung ini memiliki rasa rempah-rempah yang lebih strong dibandingkan opor ayam.

Kari ayam kampung berisi olahan daging ayam yang dipadukan dengan kuah santan khas Nusantara. Bahan utama masakan ini menggunakan daging ayam kampung yang pada dasarnya memiliki tekstur lebih keras daripada ayam broiler atau ayam negeri.

Meski begitu, ayam kampung memiliki rasa yang lebih gurih ketimbang ayam negeri, Bunda. Apalagi untuk hidangan berkuah seperti kari ayam, kaldunya membuat masakan terasa lebih sedap dan nikmat.

Mengonsumsi ayam kampung juga lebih sehat, Bunda. Kaldu tulang dari ayam kampung bebas dari hormon dan obat-obatan.

Hal ini dikarenakan proses peternakannya yang cenderung alami. Daging ayam kampung pun jarang sekali menimbulkan alergi setelah dikonsumsi. Lain halnya dengan ayam negeri yang dikembangbiakkan dengan cara suntik hormon, beberapa orang yang menyantapnya kemungkinan akan bereaksi alergi.

Nah, buat Bunda yang bosan mengolah ayam yang hanya itu-itu saja, tidak ada salahnya nih, membuat kari ayam kampung. Sajian ini juga cocok untuk menu makan siang bersama keluarga.

Cara membuatnya tak sulit kok, Bunda. Bahan-bahannya mudah di dapat. Bunda hanya perlu mempersiapkan ayam kampung muda, santan, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan rempah-rempah lainnya.

Dikutip dari buku 100 Resep Keluarga Nusantara Hits di Instagram ala Dapur Susie, berikut ini resep kari ayam kampung. Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video resep ayam kalio:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19
(kuy/kuy)
Resep Kari Ayam Kampung
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi