sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Memaksimalkan Fungsi Freezer, Bunda Perlu Tahu

Hilda Irach Kamis, 14 Jan 2021 09:13 WIB
Makanan freezer caption

Jakarta - Lemari es atau kulkas menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang penting dimiliki. Alat elektronik ini membantu memudahkan Bunda dalam hal penyimpanan makanan. Mulai dari nugget, daging, hingga ikan. 

Salah satu bagian dari kulkas yang kerap digunakan untuk menyimpan makanan dalam waktu lama adalah freezer, yang dapat membekukan makanan atau air. Dengan begitu, freezer mampu membuat makanan lebih awet, Bunda.

Dengan memasukkan makanan ke dalam freezer akan mengurangi laju pertumbuhan bakteri sebagai penyebab makanan cepat busuk. Selain itu, menyimpan makanan di dalam freezer juga mampu menjaganya tetap segar.


Makanan sehari-hari pun bisa dengan mudah diawetkan di freezer. Mulai dari nasi, roti, sayuran, dan masih banyak lagi. Menarik ya!

Dengan menyimpan makanan itu di freezer, dapat membuatnya awet lebih lama. Kalau freezer di rumah bekerja dengan baik, Bunda pun dapat memaksimalkan fungsinya secara lebih optimal.

Nah, dikutip dari Bon Appetit, berikut ini 7 cara memaksimalkan fungsi freezer. Disimak ya, Bunda!

1. Bekukan makanan, lalu simpan secara vertikal

Tak hanya frozen food, Bunda juga bisa menyimpan makanan buatan Bunda sendiri yang tak habis sekali makan. Seperti sup, biji-bijian, atau pisang tumbuk.

Caranya mudah, Bunda. Cukup simpan makanan tersebut ke dalam kantong yang dapat ditutup kembali atau ziplock. Kemudian letakkan dengan posisi rata.

Ketika makanan-makanan tersebut mulai padat, Bunda bisa menyusunnya secara vertikal bak majalah. Dengan begitu, Bunda bisa memaksimalkan ruang freezer untuk menyimpan bahan makanan lainnya nih.

2. Membekukan roti

Cara terbaik untuk mengawetkan roti agar bertahan lebih lama adalah dengan membekukannya. Sebab, proses ini bisa mencegah pertumbuhan jamur yang menyebabkan roti menjadi cepat basi.

Oleh karena itu, Bunda bisa nih memanfaatkan freezer untuk menyimpan roti. Caranya juga tak sulit kok.

Cukup iris roti sebelum mulai membekukannya. Kemudian, bungkus roti dengan kantong ziplock. Lalu segera masukkan ke dalam freezer. Roti yang dibekukan tersebut akan kembali segar ketika di panaskan kembali, Bunda.

3. Membekukan bumbu masakan

Biasanya saat memasak, bumbu masakan pasti sering tersisa ya, Bunda. Nah, jangan buru-buru membuangnya.

Bahan makanan seperti santan, kaldu, hingga jahe cincang bisa Bunda awetkan di freezer lho. Sehingga bisa digunakan kembali di lain waktu.

Caranya juga mudah. Cukup pindahkan santan, kaldu, dan jahe cincang ke dalam kantong ziplock, kemudian bekukan. Umumnya, kaldu yang dibekukan dapat bertahan hingga enam bulan lamanya, jika freezer berada dalam suhu di bawah 18 derajat Celsius.

4. Membekukan sayuran

Daripada banyak sayuran yang memenuhi rak kulkas, sebaiknya simpan sebagian sayuran ke dalam freezer.  

Namun, tak semua jenis sayuran bisa disimpan di freezer, terutama sayuran yang mengandung banyak air dan berwarna hijau. Seperti bayam dan kangkung. Sebab, sayuran tersebut akan cepat layu dan basah jika dibekukan.

Beberapa sayuran yang bisa dibekukan di antaranya wortel, jagung, kol, hingga kol. Sebaiknya, potong terlebih dahulu sebelum menyimpannya ke dalam freezer. Kemudian masukkan ke dalam kantong yang dapat ditutup kembali.

Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda!

Simak juga video cara menyimpan sayuran agar tak cepat busuk:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Pramugara Sriwijaya



Cara Memaksimalkan Fungsi Freezer
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi