sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menyimpan Roti Biar Lebih Awet

Hilda Irach Jumat, 08 Jan 2021 09:18 WIB
Delicious homemade sourdough rye bread on a plate and milk. Homemade baking. caption

Jakarta - Roti menjadi salah satu makanan favorit keluarga untuk sarapan. Roti praktis untuk diolah menjadi menu sarapan, karena itu menjadi pilihan yang tepat untuk Bunda yang buru-buru ke kantor, tetapi tetap tak ingin melewatkan sarapan.

Mengandung karbohidrat yang tinggi, roti pun kerap kali dijadikan alternatif pengganti nasi. Meski tak menyantap nasi di pagi hari, Bunda akan tetap merasa kenyang.

Jenis roti pun beragam, Bunda. Tak hanya roti tawar biasa, kalau Bunda ingin mengonsumsi makanan rendah kalori, roti gandum bisa jadi pilihan.


Seperti yang dilansir dari Very Well Fit, dalam satu slice roti gandum mengandung sekira 80 kalori. Roti gandum juga kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin, serta mineral.

Selain itu, roti juga bisa diolah menjadi beragam sajian yang lezat. Mulai dari sandwich, roti panggang, atau roti selai. Namun sayangnya, roti tidak bisa bertahan lama dan cepat mengeras bila Bunda tak segera mengonsumsinya.

Tak hanya itu, roti juga mudah menumbuhkan jamur. Terutama, jika tidak disimpan dengan cara yang tepat.

Roti yang berjamur ini memang dipengaruhi oleh suhu dan kelembapan tempat penyimpanan. Ketika Bunda mendiamkan roti dalam suhu ruang selama lebih dari dua hari, roti yang lembab menyebabkan jamur mudah menempel pada roti.

Roti yang sudah berjamur ini tentu sudah tak layak dimakan. Roti tersebut juga akan memberikan rasa yang tidak enak dan mungkin berbahaya bagi kesehatan. Melansir dari Healthline, jika Bunda memiliki alergi terhadap jamur, menghirupnya dapat menyebabkan masalah pernapasan.

Lantas, bagaimana cara menyimpan roti agar lebih awet? Nah, Bunda bisa contek tips-tipsnya berikut ini, dikutip dari Insider dan Food & Wine. Disimak ya!

1. Simpan roti di plastik

Memasukkan roti ke dalam kulkas biasanya sering dilakukan. Padahal, proses pendinginan yang setengah-setengah ini hanya akan menyebabkan roti menjadi lembap dan cepat rusak.

Untuk roti yang Bunda akan makan dalam dua atau tiga hari setelah dipanggang atau dibeli, Susan Reid, editor makanan di Sift Magazine merekomendasikan untuk membungkusnya dengan plastik dan diletakkan di atas meja saja, bukan di kulkas.

Meskipun demikian, perlakuan ini tak melulu bisa sama di berbagai kondisi ruangan. Jonathan Davis, wakil presiden senior R&D di LaBrea Bakery mengatakan bahwa faktor lingkungan juga memengaruhi ketahanan roti.

"Dalam iklim yang lebih kering atau lebih panas, roti menjadi basi lebih cepat, jadi kuncinya adalah menyimpan roti di area yang lingkungannya stabil, tidak di dekat jendela atau di mana cahaya masuk," kata Davis.

2. Bekukan roti

Cara terbaik untuk mengawetkan roti agar bertahan lebih lama adalah dengan memasukkannya ke dalam freezer. Proses ini bisa mencegah pertumbuhan jamur yang menyebabkan roti jadi basi.

Caranya mudah, Bunda. Cukup iris roti sebelum membeku. Kemudian, bungkus roti dengan aluminium foil atau kantong plastik, dan segera masukkan ke dalam freezer sebelum kualitas teksturnya mulai menurun.

Hal ini penting untuk dilakukan secepat mungkin, bukan setelah roti mulai menjadi kenyal atau basi. Roti yang dibekukan ini akan kembali segar saat dipanaskan dalam oven selama 10 hingga 15 menit pada suhu 350 derajat Celsius.

3. Simpan di kertas

Roti segar yang paling baik adalah bila dimakan dalam dua sampai tiga hari. Jika Bunda berencana memakannya dalam rentang waktu dekat, menyimpan roti dalam kertas menjaga kesegarannya, lho.

Meskipun menyimpan dalam plastik juga dapat dilakukan, hal ini sebenarnya dapat mendorong pertumbuhan jamur. Apalagi, bila terlalu lama diletakkan dalam suhu yang tak stabil. Roti akan menjadi lembap sehingga menyebabkan pembusukan lebih cepat.

Menyimpan roti di dalam pembungkus kertas bisa mempertahankan kerenyahan kulit roti. Namun, hati-hati ya, Bunda. Jika roti tidak dibungkus dan terpapar ke udara, justru akan basi dalam beberapa jam.

Untuk cara menyimpan roti lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video roti isi lobster:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Hijaber Turki
Cara Menyimpan Roti Biar Lebih Awet
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi