sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Memaksimalkan Fungsi Freezer, Bunda Perlu Tahu

Hilda Irach Kamis, 14 Jan 2021 09:13 WIB
Cara Memaksimalkan Fungsi Freezer
Shot of an open freezer packed with frozen food in plastic bags caption

5. Membekukan daun bawang dan cabai hijau

Daun bawang dan cabai hijau mudah layu, karena itu harus disimpan dengan cara yang tepat. Cara menyimpan daun bawang dan cabai hijau agar cukup tahan lama adalah dengan membekukannya di freezer.

Menyimpan daun bawang dan cabai hijau di freezer dapat mempertahankan kualitasnya agar tetap segar, Bunda. Jika Bunda memutuskan untuk membekukannya, biarkan daun bawang dan cabai hijau utuh, kemudian segel di dalam kantong kedap udara. Bekukan lalu gunakan dalam jangka waktu 3 bulan.

6. Membekukan nasi 

Tahukah Bunda? Nasi juga bisa disimpan dalam freezer lho. Bahkan bisa awet sampai 6 bulan lamanya. Namun, usahakan agar nasi tetap beku ya.


Sama seperti yang lainnya, cara menyimpannya cukup tempatkan nasi yang sudah tidak panas ke dalam kantong plastik ziplock. Tekan plastik untuk menghilangkan udara. Kemudian, simpan di dalam freezer

Cara menghangatkan nasi beku juga sederhana, Bunda. Tambahkan sedikit air sebelum dipanaskan menggunakan microwave atau panci. Nasi beku juga jadi pilihan terbaik untuk Bunda yang menginginkan tekstur nasi seperti beras pera. Cocok nih untuk membuat nasi goreng. 

7. Membekukan adonan kue 

Bunda punya sisa adonan kue? Sebaiknya jangan dibuang. Bisa digunakan di lain waktu lho. Caranya, bagi-bagi adonan menjadi beberapa potongan, lalu masukkan ke dalam plastik ziplock.  

“Simpanlah adonan kue beku. Saat dipanggang, bagian tengahnya tetap beku sementara bagian luarnya meleleh dan mulai mengeras, menghasilkan bagian tepi yang keriput dan bagian tengah yang kenyal," kata Claire Saffitz.

Dengan cara ini, adonan kue dapat bertahan hingga seminggu lamanya. Namun, perlu diperhatikan bagi Bunda yang menggunakan campuran telur di dalam adonannya, karena hanya bisa bertahan selama tiga hari saja.

(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi