sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias untuk Pagar Hidup

Hilda Irach Sabtu, 06 Feb 2021 13:48 WIB
Swimming pool terrace in the garden 3d render,  There are a wooden floor ,Blue tile in the swimming pool and white fence,Decorated with wooden and white fabric furniture,Surrounded by nature. caption
Jakarta -

Tanaman hias biasanya dipajang sebagai penghias atau dekorasi di sebuah ruangan. Tapi selain itu, Bunda bisa memanfaatkannya pula untuk mempercantik pagar, atau bahkan menjadi pagar itu sendiri.

Pagar rumah terbuat dari material padat seperti besi, kayu, dan aluminium. Dengan menggunakan tanaman hias akan memberikan tampilan yang jauh lebih menarik dan enak dipandang, nih.

Rumah Bunda pun akan terlihat lebih alami, segar, dan asri. Pagar yang terbuat dari tanaman hias tentu juga jauh lebih ramah lingkungan ya, Bunda.


Jika Bunda membutuhkan inspirasi tanaman hias apa saja yang cocok buat pagar rumah, berikut ini pilihannya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. American holly

American holly dengan nama ilmiah Ilex opaca dapat tumbuh tinggi hingga 20 meter, Bunda. Karena tingginya tersebut, tanaman hias ini kerap digunakan sebagai pagar rumah.

Tidak hanya tinggi, tanaman hias ini memiliki dedaunan hijau yang lebat menyerupai pohon cemara. Bunda tak perlu khawatir warna daunnya akan memudar.

Sebab, daunnya akan terus berwarna hijau sepanjang tahun nih, Bunda. Pastikan untuk selalu memangkas daunnya ya, agar tidak berantakan.

2. Tanaman boxwood

Siapa yang tak mengenal boxwood. Tanaman hias yang satu ini kerap kali ditemukan sebagai pagar rumah nih, Bunda. Dengan dedaunannya yang tumbuh subur dan padat dan tinggi mencapai enam meter, boxwood menjadi pilihan yang baik untuk pagar rumah.

Boxwood juga memiliki beberapa kelebihan, Bunda. Tanaman hias ini bisa dibentuk sesuai selera. Mulai dari persegi, lingkaran, hingga persegi panjang.

Meski tumbuh tanpa bunga, menanam boxwood di halaman rumah akan menjadikan hunian terlihat lebih hijau dan asri nih, Bunda. Tak hanya itu, jika Bunda memiliki taman kecil di halaman, Bunda bisa membuat labirin kecil untuk area bermain si kecil nih.

3. Pohon cemara kipas

Dari sekian banyak jenis pohon cemara, salah satu jenis yang populer dan sering digunakan sebagai pagar rumah adalah pohon cemara kipas atau arborvitae, Bunda. Pasalnya, pohon cemara ini dapat tumbuh hingga ketinggian enam meter.

Pohonnya yang tegak sempurna akan memberikan privasi dan keamanan untuk rumah, Bunda. Tidak hanya berfungsi sebagai pagar, ada banyak manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari tanaman yang satu ini.

Beberapa manfaat di antaranya menjadi penahan angin, sebagai pengusir ngengat, hingga digunakan sebagai obat herbal, Bunda. Daunnya dapat digunakan untuk mengobati batuk, demam, hingga diare. Menarik ya Bunda!

4. Pucuk merah

Termasuk ke dalam keluarga yang sama dengan cengkeh, tanaman hias pucuk merah bisa menjadi pilihan untuk pagar rumah Bunda.

Sesuai namanya, pucuk merah memiliki dedaunan hijau, dengan warna merah di atasnya. Pucuk merah bisa dijadikan sebagai pagar dengan melalui teknik stek, Bunda.

Caranya, potong bagian pucuk merah tertentu, lalu tanam di dalam tanah selama beberapa waktu. Nantinya, tanaman ini akan tumbuh hingga ketinggian tujuh meter. Jadi termasuk cukup tinggi ya, Bunda untuk dijadikan pagar alami.

Untuk tanaman hias lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Banner Cha Eun Woo
Tanaman Hias untuk Pagar Hidup
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!