sign up SIGN UP search


moms-life

Protokol Isolasi Mandiri di Rumah agar Tak Menulari Keluarga

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 02 Feb 2021 14:26 WIB
Protokol isolasi mandiri di rumah dari Kemenkes RI
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation caption

Kementerian Kesehatan memberikanĀ protokol isolasi mandiri di rumah, Bunda. Dengan penerapan protokol ini, harapannya agar tidak ada anggota keluarga yang tertular pada saat salah satu anggota keluarganya terinfeksi Corona.

Bagaimana protokolnya? Berikut penjelasan lengkapnya, Bunda:

1. Selalu memakai masker dan membuang masker bekas di tempat yang ditentukan.


2. Jika sakit (ada gejala demam, flu dan batuk), maka tetap di rumah. Jangan pergi bekerja, sekolah, ke pasar atau ke ruang publik untuk mencegah penularan masyarakat.

3. Manfaatkan fasilitas telemedicine atau sosial media kesehatan dan hindari transportasi publik. Beritahu dokter dan perawat tentang keluhan dan gejala, serta riwayat bekerja ke daerah terjangkit atau kontak dengan pasien COVID-19.

4. Selama di rumah, bisa bekerja di rumah. Gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya, dan jaga jarak 1 meter dari anggota keluarga.

5. Tentukan pengecekan suhu harian, amati batuk dan sesak napas. Hindari pemakaian bersama peralatan makan dan mandi dan tempat tidur.

6. Terapkan perilaku hidup sehat dan bersih, serta konsumsi makanan bergizi, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lakukan etika batuk dan bersin.

7. Jaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan. Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (Ā±15-30 menit)

8. Hubungi segera fasilitas pelayanan kesehatan jika sakit berlanjut seperti sesak napas dan demam tinggi, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Selain dari Kementerian Kesehatan RI, Satgas COVID-19 juga memberikan tips isolasi mandiri di rumah, terutama bagi Bunda yang memiliki anak. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Tips isolasi mandiri di rumah dari Satgas COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!