sign up SIGN UP search

moms-life

5 Cara Merawat Tanaman Hias Monstera Indoor

Mutiara Putri Jumat, 19 Feb 2021 15:24 WIB
Monstera house potplant. or Cheese Plant. nice green urban jungle for green ECO concept interior at home. caption
Jakarta -

Bunda yang termasuk pencinta tanaman hias pasti sudah mengenal monstera yang populer, ya. Tanaman hias ini terkenal dengan daunnya yang besar dan berbentuk hati. Seiring dengan bertambahnya usia, daun monstera akan memiliki lubang.

Tanaman hias monstera berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman hias tropis ini biasanya sering dijadikan sebagai tanaman hias karena mudah dirawat dan bentuknya yang sangat unik.

Monstera termasuk ke dalam tanaman hias merambat nih, Bunda. Karena itu, Bunda bisa menyediakan tiang agar bisa dijadikan pegangan dan monstera bisa merambat dengan indah.


Tanaman hias monstera bisa tumbuh dengan waktu kurang dari 6 bulan. Ia juga bisa tumbuh meski dirawat dalam ruangan, lho.

Karena termasuk ke dalam tanaman tropis, monstera memiliki akar yang tumbuh dari batang. Di alam liar, monstera akan menggunakan akar untuk mendorong dirinya ke atas pohon.

Banner Resep Telur

Jika Bunda tertarik merawat tanaman hias yang satu ini di dalam ruangan, berikut cara merawat tanaman hias monstera indoor dikutip dari laman The Spruce.

1. Cahaya

Karena berasal dari iklim tropis, monstera akan tumbuh dengan baik dan sempurna jika berada di bawah cahaya terang yang tidak langsung dan teduh. Monstera bisa tumbuh subur di bawah naungan pohon yang besar.

Jangan biarkan sinar matahari mengenai monstera secara langsung ya, Bunda. Daunnya bisa hangus dan mudah terbakar. Berikan ia sinar matahari paling tidak selama dua hingga tiga jam di pagi hari.

2. Tanah

Tanaman monstera paling baik jika ditanam dengan tanah berbahan dasar gambut. Ia juga bisa tumbuh jika diletakkan di dalam pot.

Pot dan tanah gambut akan membantunya memerangkap kelembaban di dalam tanah tanpa tergenang air. Tanah yang baik untuk monstera biasanya memiliki tingkah keasaman antara 5,5 hingga 7,0. Jadi pilih pot dan lubangi bagian bawahnya sebagai sistem drainase.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips merawat monstera yang lainnya ya, Bunda.

Simak juga video 5 tanaman hias ngehits di 2021 berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MERAWAT MONSTERA INDOOR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!