sign up SIGN UP search


moms-life

Hati-Hati, Bun! Ini 5 Penyakit yang Mengintai Usai Banjir

Mutiara Putri Minggu, 21 Feb 2021 21:17 WIB
Ilustrasi banjir caption
Jakarta -

Beberapa hari ini, Kota Jakarta dan sekitarnya mengalami curah hujan yang cukup tinggi nih, Bunda. Hal tersebut mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir.

Banjir merupakan peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Biasanya banjir disebabkan karena banyak hal nih, Bunda. Seperti hujan yang berlebihan, meluapnya aliran sungai, danau, bahkan lautan.

Saat banjir, pemerintah biasanya melakukan pemadaman listrik sementara nih, Bunda. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan demi keselamatan korban banjir dan tidak terkena korsleting listrik pada area yang terendam.


Karena air yang menggenang adalah air yang berasal dari selokan, sungai, dan sumber air lainnya, banjir juga bisa menyebabkan berbagai penyakit nih, Bunda. Mulai dari diare hingga hipotermia.

Dilansir situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), berikut ini adalah lima penyakit yang timbul akibat adanya banjir.

1. Diare

Banjir banyak dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi, Bunda. Hal ini karena saat banjir, sumber air bersih akan terganggu. Oleh karena itu, banjir dapat menyebabkan wabah diare.

Banjir bisa mengontaminasi fasilitas air minum. Jika sumber air bersih tidak tersedia dengan baik, penyakit diare ini bisa meningkat menjadi dermatitis, infeksi telinga, hidung, serta tenggorokan.

2. Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri zoonosis nih, Bunda. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang terjadi melalui kontak kulit dan selaput lendir dengan air yang terkontaminasi dengan urine tikus. Penularannya juga bisa melalui tanah lembap dan tumbuh-tumbuhan seperti tebu.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat penyakit akibat banjir yang lainnya ya, Bunda.

Simak juga video hal yang perlu dilakukan untuk atasi gempa saat pandemi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TETANUS HINGGA HIPOTERMIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi