sign up SIGN UP search


moms-life

Waspada Banjir di Jadetabek Bun, Diprediksi Terjadi 19-20 Februari 2021

Asri Ediyati Kamis, 18 Feb 2021 20:48 WIB
Banjir merendam kawasan Pasar Kambing Mampang, Jakarta Selatan. Sejumlah warga tampak beraktivitas di tengah banjir yang merendam kawasan tersebut. Waspada Banjir di Jadetabek Bun, Diprediksi Terjadi 19-20 Februari 2021/ Foto: Dedy Istanto/detikcom
Jakarta -

Bunda, Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan (TREAK) PSTA-Lapan mengimbau warga yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) untuk mewaspadai banjir besar pada 19-20 Februari 2021, nih.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini bahaya banjir untuk enam provinsi di Pulau Jawa pada 18-19 Februari. Informasi dari BMKG itu juga dibuktikan melalui Sadewa-Lapan.

Sebagai informasi, Sadewa adalah aplikasi sistem peringatan dini atmosfer ekstrem berbasis satelit dan model atmosfer yang dikembangkan litbang LAPAN.


TREAK memprediksi akan terbentuk hujan di kawasan Bogor dan sekitarnya dan menjalar ke utara menuju Jakarta dengan peningkatan intensitas hujan yang terjadi pada tengah malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

"Hujan di Jakarta bahkan masih akan terjadi hingga pukul 04.00 WIB pada tanggal 20 Februari 2021. Hujan ekstrem dini hari ini sangat erat dipengaruhi oleh penguatan CENS dan angin utara di Laut Jawa yang bersifat sangat lembap," katanya.

Banner Nia Ramadhani

"Semua pihak diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir besar yang dapat terjadi pada 19-20 Februari 2021 secara luas di Jadetabek, sebagaimana yang pernah terjadi pada 1 Januari 2020," tulis PSTA-LAPAN.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Apa yang bisa kita lakukan jika rumah sudah terkena banjir? Baca kelanjutannya di halaman berikutnya ya, Bun.

5 HAL YANG PERLU DILAKUKAN SAAT BANJIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi