sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Menyelamatkan Tanaman Hias yang Terendam Banjir

Arina Yulistara Senin, 22 Feb 2021 19:08 WIB
Plant care at home series with Japanese man, woman and child. caption
Jakarta -

Banjir kembali menerjang Jakarta dan sekitarnya. Apa rumah Bunda juga kebanjiran? Mungkin tidak hanya membuat rumah berantakan, tapi koleksi tanaman hias juga ikut terendam banjir.

Tanaman yang terkena banjir bisa merusak akar hingga layu dalam waktu singkat. Hal ini dikarenakan air mengisi kantong udara yang biasanya ada dalam tanah. 

Ketika air memenuhi kantong udara maka akar akan kekurangan oksigen. Kemudian menyebabkan daun menguning, akar busuk, hingga kematian, jika didiamkan dalam waktu lama. 


Jadi, bagaimana Bunda menyelamatkan tanaman yang terendam banjir? Simak ulasannya di HaiBunda seperti dilansir dari The Spruce. 

1. Cari Tahu Seberapa Besar Kerusakan Tanaman

Sebelum menyelamatkan tanaman hias Bunda, cari tahu dulu seberapa besar kerusakannya akibat banjir. Misalnya saja, berapa lama tanah tergenang air? Apakah tanah tersebut segar atau jenis lain? Bagaimana jenis dan umur tanaman hias?

Banjir di negara tropis bisa lebih merusak tanaman karena aktif bernapas dan membutuhkan lebih banyak oksigen dibanding negara yang memiliki musim dingin. Kemudian lihat apakah ada perubahan pada tanaman?

Tanda-tanda tanaman Bunda rusak karena tergenang air antara lain, daun menguning, terbalik, atau berguguran, akar menjadi gelap, bau busuk, hingga tak lagi berbunga. 

Banner tanaman hias

2. Bersihkan Tanaman

Kalau Bunda memiliki tanaman hias yang ditanam di atas pekarangan rumah dan kini masih terendam air sebaiknya jangan berjalan di atasnya. Ketika menginjak tanah yang masih dipenuhi air maka hanya akan memadatkannya dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada akar. 

Kemudian bersihkan dulu menggunakan selang untuk menghilangkan lumpur atau residu lainnya. Bunda bahkan disarankan membeli pengukur kelembapan tanah untuk mengetahui persentase air yang tersisa. 

Jika masih ada lumpur maka tidak perlu meteran tersebut. Namun kalau Bunda bertanya-tanya apakah cukup kering bagi akar untuk mendapatkan oksigen maka diperlukan pengukur kelembapan tanah. 

Untuk cara lainnya, klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga jenis tanaman hias beracun, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENYELAMATKAN TANAMAN HIAS DALAM POT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi