sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Menyelamatkan Tanaman Hias yang Terendam Banjir

Arina Yulistara Senin, 22 Feb 2021 19:08 WIB
CARA MENYELAMATKAN TANAMAN HIAS DALAM POT
Home and garden concept of sansevieria trifasciata or Snake plant in the bedroom caption

3. Tanaman Dalam Pot

Berbeda dengan membersihkan tanaman dalam pot. Bunda tidak bisa menyelamatkan tanaman hias dalam pot hanya dengan memindahkan wadahnya saja. 

Disarankan untuk mengeluarkan tanaman dari wadah dan biarkan semalaman untuk meniriskan sisa air di atas koran atau karton. Setelah cukup kering dengan melihat akarnya, pangkas semua yang masih basah sebelum kembali dimasukkan ke dalam tanah kering. 

Tanaman hias dalam pot yang telah terkontaminasi lumpur sebaiknya dibuang saja, Bunda. Tanaman hias dalam pot tersebut sulit diselamatkan jika sudah terendam lumpur.


Jika tanaman dalam pot hanya tergenang air masih bisa diselamatkan walaupun telah kehilangan sebagian besar kesuburannya dan membutuhkan dosis pupuk baru. Gunakan pupuk organik untuk mendapatkan nutrisi saat tanaman pulih. 

4. Cara Pencegahan Sebelum Tanaman Terendam Banjir

Kalau Bunda tinggal di daerah rawan banjir maka disarankan merancang taman yang tahan bencana tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, beberapa lebih mudah dan mudah daripada lainnya. Berikut contoh pencegahan tanaman agar tidak terendam banjir:

Tempat Tinggi

Letakkan tanaman di atas tempat yang tinggi. Meski terkena banjir tapi mungkin akan lebih cepat kering dan tidak tergenang air dalam waktu lama. 

Buat Taman Hujan

Meski perlu waktu dan uang untuk menyiapkannya tapi ini solusi ramah lingkungan yang bisa memperlambat banjir agar tidak merusak tanamanmu, Bun. Taman hujan buatan juga membantu menyaring kotoran sehingga meminimalkan risiko kerusakan tanaman.

Pilih Tanaman Tahan Air

Jika tinggal di zona banjir, mengapa terus melawannya? Bunda hanya perlu memilih tanaman yang tahan air. Menanam tanaman yang tahan air akan lebih mudah dirawat nantinya.

(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi