sign up SIGN UP search


moms-life

5 Kesalahan Merawat Tanaman Hias Bunga, Hindari Bun

Khalishah Nabilah Selasa, 04 May 2021 06:45 WIB
Bunda gemar menghias rumah dengan tanaman hias bunga? Yuk, dilihat kesalahan yg harus Bunda hindari agar dapat merawat tanaman hias Bunda. Tanaman Hias Bunga/ Foto : iStock

Selain untuk koleksi yang mendatangkan kesenangan, tanaman hias bunga juga dapat berfungsi sebagai dekorasi yang dapat memperindah rumah. Dengan memberikan sentuhan tanaman hias, rumah kita terlihat lebih hidup!

Untuk perawatan, tanaman hias bunga tak bisa sembarangan nih Bun, kesalahan yang biasanya terjadi dalam merawat tanaman hias bunga adalah karena ketidaksabaran dan kegembiraan, hingga tidak memperhatikan apa sih yang sebenarnya dibutuhkan tanaman tersebut?

Dikutip dari The Spruce, inilah 5 hal yang sebaiknya Bunda hindari dalam merawat tanaman hias bunga:


1. Menanam terlalu dini

Bunda harus mengetahui kapan tanaman sudah tepat waktu untuk ditanam. Solusi dari hal ini adalah Bunda dapat menghubungi layanan ekstensi daerah setempat atau bertanya kepada tempat Bunda membeli tanaman tersebut untuk mengetahui bagaimana penanamannya.

2. Terlalu banyak atau terlalu sedikit air

Bunga sangat membutuhkan kelembapan seperti halnya bunga membutuhkan paparan sinar matahari dan juga pemupukan.

Jadi tanam bunga yang memiliki kebutuhan yang serupa secara bersamaan. Pasang tanaman yang menyukai kelembapan di taman di dekat downspout untuk menghindari kemungkinan untuk busuknya akar. 

3. Memilih lokasi yang salah

Beberapa tanaman berbunga lebih membutuhkan sinar matahari penuh yang untuk mendapatkan energi yang cukup agar dapat menghasilkan bunga.

Tanpa sumber fotosintesis, tanaman ini akan berhenti berbunga, melemah, dan mudah terserang penyakit dan hama. Solusinya adalah ikuti aturan umum dengan mengikuti saran pada label perawatan tanaman. 

4. Menanam di wilayah yang salah

Untuk menghindari menanam di tempat yang salah, kunjungi taman/kebun raya setempat untuk melihat tanaman apa yang tumbuh dengan baik di wilayah Bunda.

Belanja tanaman di daerah setempat dan mintalah saran dari pembibitan mengenai bunga kepada penjualnya. 

5. Me-repotting dengan kasar

Saat sedang repotting, hendaknya Bunda tidak terburu-buru atau terlalu keras dengan tanaman hias bunga. Jangan pernah menarik tanaman keluar dari wadah di dekat dedaunan atau batang, ketuk bagian bawah pot untuk melonggarkan tanaman.

Jika sedikit terikat ke akar, peras pot untuk melepaskan bola akar. Apabila benar-benar terikat pada akar, keluarkan pemotong dan potong wadah dengan hati-hati dari tanaman. 

(fia/fia)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi