sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias Indoor Pengusir Serangga di Rumah

Vauri Audia Rabu, 17 Mar 2021 15:52 WIB
Young woman with garden gloves holding lavender in pot. caption

Berbagai serangga kerap hadir di rumah dan dapat mengganggu kenyamanan aktivitas Bunda dan keluarga. Memang ada banyak produk pengusir serangga yang tersedia di pasaran. Namun, Bunda bisa juga mencoba cara alami.

Bunda dapat meletakkan tanaman hias yang mampu membantu mengusir serangga di dalam rumah. Selain membasmi serangga, tanaman hias ini tentu dapat mempercantik ruangan di dalam rumah. Bukankah hal ini merupakan paket lengkap, Bunda?

Dikutip dari situs House Beautiful, berikut beberapa tanaman hias yang bisa membantu mengusir serangga di rumah Bunda.


1. Tanaman Selasih/Basil

Tanaman yang memiliki nama Latin Ocimum basillicum ini dapat hidup dengan baik jika ditanam dalam rumah lho, Bunda. Tanaman daun selasih ini memiliki aroma yang menyengat bagi para serangga, terlebih lagi lalat, kecoa, dan nyamuk. Sehingga sangat cocok apabila dirawat di dalam rumah untuk mengusir serangga.

Banner Ciri Suami Sayang Istri

2. Lavender

Lavender menjadi pilihan alami yang cocok untuk mengusir serangga. Tidak hanya aromanya yang harum, wangi yang dihasilkan tanaman hias ini juga ampuh mengusir lalat, kumbang, bahkan kutu. Hal ini disebabkan oleh minyak yang dihasilkan oleh tanaman hias lavender.

Tanaman hias ini pun sangat cocok untuk dijadikan dekorasi meja ruang tamu atau meja kerja di rumah Bunda. Jadi, bisa mengusir serangga, sekaligus mempercantik hiasan di rumah Bunda.

3. Rosemary

Bunda mungkin berpikir tanaman hias rosemary hanya berfungsi sebagai rempah yang pada umumnya digunakan untuk menyedapkan berbagai masakan. Akan tetapi, tanaman hias ini juga bagus untuk mengusir serangga, Bunda.

Aromanya yang khas, seperti minyak telon atau minyak kayu putih ini akan menangkal agas dan hama yang mengganggu. Cobalah letakkan di dapur, sehingga mempermudah Bunda memasak, sekaligus mencegah serangga masuk.

4. Lemon Balm

Lemon balm atau Melissa officinalis adalah tanaman herbal beraroma lemon yang berasal dari famili mint. Salah satu manfaat tanaman hias lemon balm adalah mengusir nyamuk.

Hal itu disebabkan adanya kandungan sitronela yang tinggi dalam lemon balm, yang tak disukai oleh nyamuk. Jadi, daripada menggunakan pembasmi kimia beracun, Bunda cukup meletakkan tanaman hias lemon balm ini di rumah saja untuk mengusir berbagai serangga.

Untuk tanaman hias lainnya, klik baca halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga jenis tanaman hias anthurium, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

TANAMAN HIAS PENGUSIR SERANGGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi