sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Perlu Tahu, Ini 3 Fakta Penting Tentang Pendaftaran CPNS 2021

Mutiara Putri Minggu, 04 Apr 2021 19:51 WIB
Ratusan CPNS mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Sport Center Arcamanik, Kota Bandung, Senin (14/9). Tes dilakukan dengan protokol kesehatan. caption
Jakarta -

Proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 akan segera dimulai, Bunda. Rencananya, pendaftaran CPNS akan dibuka pada Mei hingga Juni 2021 mendatang.

Seleksi abdi negara tahun ini dibagi menjadi 3 kategori, Bunda. Yakni kedinasan, pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru, serta CPNS dan PPPK non guru.

Pelaksanaan CPNS tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya, Bunda. Tahun ini, seluruh pihak diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.


Sebelum Bunda mendaftarkan diri sebagai CPNS, ada beberapa hal yang perlu Bunda ketahui, nih.

1. Formasi yang dibuka

Formasi CPNS 2021 rencananya akan resmi diumumkan oleh Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) secara resmi paling lambat pada akhir Maret lalu, Bunda. Hal ini juga diungkapkan oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo.

"Kami merencanakan dengan BKN nanti mudah-mudahan akhir Maret ini kita putuskan, berapa sebenarnya formasi yang dibutuhkan, jadi ini tawar-menawar masih banyak, baik daerah beberapa Kementerian/Lembaga (K/L) instansi, tapi Alhamdulillah ini akan mencapai," ujar Tjahjo Kumolo.

Ia juga mengungkapkan bahwa kebutuhan ASN tahun 2021 adalah sebanyak 1.275.387 orang, Bunda. Rincinya, dari total tersebut sebanyak 83.669 di antaranya untuk memenuhi kebutuhan pemerintah pusat.

Lalu, sebanyak 1.191.718 lainnya untuk memenuhi kebutuhan pemerintah daerah, paling banyak ditempatkan sebagai guru PPPK sebanyak 1.022.616, PPPK non guru sebanyak 70.008, CPNS 119.094.

Kira-kira apa informasi wajib yang perlu Bunda ketahui lainnya?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/mua)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi