sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Atur Uang THR Agar Bisa untuk Kurban di Idul Adha

Mutiara Putri Jumat, 30 Apr 2021 10:53 WIB
tourist budget for holidays in Indonesia. favorable exchange rates for the dollar to Indonesian rupees. caption
Jakarta -

Hari Raya Idul Fitri semakin dekat nih, Bunda. Itu tandanya, tak lama lagi juga Bunda akan menerima uang THR atau Tunjangan Hari Raya dari perusahaan atau tempat Bunda bekerja, nih.

Biasanya THR diberikan oleh perusahaan atau lembaga tempat Bunda bekerja sekitar 2 minggu sebelum lebaran, Bunda. Untuk Bunda yang seorang PNS, THR Bunda akan lunas pada hari ini (28/4/2021), lho.

Saat mendapatkan THR, biasanya Bunda akan langsung membelikan si kecil baju lebaran, ya. Tak hanya itu, persediaan kue-kue kering seperti nastar atau putri salju tak boleh terlewatkan untuk ditaruh di atas meja. Tapi, apa penggunaan THR untuk baju lebaran dan kue kering ini sudah benar ya, Bunda?


Menurut Financial Planner, Annisa Steviani, CFP, AEPP, uang THR harus dikelola dengan sebaik mungkin, Bunda. Terutama jika Bunda memiliki utang dan pengeluaran tahunan yang perlu dibayarkan.

"Nah barulah setelah pengeluaran-pengeluaran itu selesai, baru (THR) bisa dipakai untuk belanja. Jadi jangan dibolak-balik, ya," katanya dalam sesi Live Instagram bersama HaiBunda pada Selasa (27/4/2021).

banner sahabat benci bayibanner sahabat benci bayi/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Selain mengalokasikan uang THR untuk menutupi pengeluaran-pengeluaran bulanan dan tahunan, wanita yang akrab disapa Icha ini juga menyarankan Bunda untuk menyisihkan sebagian uang THR untuk membeli hewan kurban, Bunda.

"Kalau (THR) masih sisa dan kalau mau aja sih ini sebenarnya, itu aku suka menyisihkan untuk kurban. Jadi setidaknya kalaupun enggak bisa 100 persen (terkumpul), 50 persen sudah ada," jelas Icha.

"Jadi misalnya harga kambing Rp4 juta, nah Rp2 juta nya itu sudah kita alokasikan dulu. Kita pindahkan dulu ke rekening lain. Jadi, ketika kurbannya tiba, kita tuh tinggal ngumpulin setengahnya," sambung Icha.

Lantas mana yang harus didahulukan dengan menggunakan uang THR ya, Bunda, membeli baju lebaran atau kue-kue lebaran? Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video resep nastar salted egg berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANA YANG DIDAHULUKAN, BAJU BARU ATAU KUE LEBARAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!