sign up SIGN UP search


moms-life

Jadi Duta #CegahKankerServiks, Prilly Latuconsina Disarankan Almh Jupe Vaksin HPV

Mutiara Putri Sabtu, 01 May 2021 19:05 WIB
Prilly Latuconsina caption
Jakarta -

Seorang perempuan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sebuah keluarga, Bunda. Perempuan bisa mengambil peranan rangkap menjadi seorang istri, anak, maupun pekerja.

Sebagai perempuan, Bunda juga harus terus menjaga kesehatan agar kualitas kesehatan keluarga pun terus meningkat. Namun, ternyata ada berbagai macam penyakit yang bisa menjangkit seorang perempuan kapanpun nih, Bunda. Salah satunya adalah kanker serviks.

Kanker Serviks atau kanker leher rahim adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak penyerang perempuan. Berdasarkan data dari Globalcan tahun 2020, kanker serviks mampu membunuh 57 perempuan Indonesia setiap harinya.


Menurut dr. Venita Eng, M.Sc, kanker serviks di Indonesia masih menjadi kanker perempuan dan pembunuh terbanyak nomor dua, Bunda. Selain itu, kebanyakan perempuan yang terkena kanker serviks adalah perempuan dengan usia produktif.

banner sahabat benci bayi

"Jadi (kanker serviks) angka kematiannya tinggi, angka kejadiannya tinggi, dan yang lebih menyedihkannya adalah kebanyakan wanita-wanita ini usianya produktif," kata dr. Venita dalam acara Girl Power: Living Life to The Fullest, Selasa (27/4/2021).

Selain itu, dr. Venita juga mengungkapkan, selama ia bertemu dengan pasien-pasien kanker serviks, kebanyakan kasus ditemui saat sudah memasuki stadium lanjut, Bunda.

"Jadi artinya ibu yang anak-anaknya masih kecil, perempuan pekerja yang masih aktif bekerja, dan sebagian besar pasien ditemui di stadium yang lanjut," jelasnya.

Meski angka kematian dan kejadiannya sangat tinggi, ternyata kanker serviks bisa dicegah sejak dini nih, Bunda. Untuk perempuan yang belum aktif secara seksual, bisa menggunakan vaksin HPV. Sedangkan untuk Bunda yang sudah menikah dan memiliki anak bisa melakukan pengecekan pap smear.

Sebagai seorang generasi muda sekaligus public figure, Prilly Latuconsina dipilih sebagai duta #CegahKankerServiks, Bunda. Ia pun menceritakan pengalamannya saat disarankan mendiang Julia Perez untuk melakukan vaksin HPV guna mencegah kanker serviks.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video penyebab dan cara cegah kanker serviks berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PRILLY PERNAH DISARANKAN JULIA PEREZ UNTUK VAKSIN HPV
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi