sign up SIGN UP search


moms-life

3 Inspirasi Pot Unik untuk Tanaman Hias Sukulen Kesayangan Bunda

Vauri Audia Sabtu, 12 Jun 2021 04:00 WIB
vintage garden scenery with purple flowers in pot caption

Tanaman hias sukulen sudah cantik meski hanya ditempatkan di pot plastik hitam biasa. Bagaimana jika ditanam di pot spesial yang sesuai dengan selera Bunda? Pasti Bunda semakin senang memeliharanya.

Sukulen hadir dalam berbagai variasi bentuk, warna, dan tekstur. Maka tak heran bila tanaman ini sering menjadi incaran para Bunda yang ingin mengoleksi tanaman hias.


Serupa dengan tanaman hias indoor, kebanyakan sukulen tumbuh paling baik di dalam wadah yang kecil. Bahkan, sukulen berukuran besar lebih menyukai tempat yang agak sempit untuk tumbuh.

https://www.haibunda.com/tag/syekh+ali+jaberMenempatkan sukulen di dalam pot adalah pilihan terbaik. Pot cantik untuk sukulen akan menambah nilai dekoratif di manapun Bunda menempatkannya, terutama bila diletakkan di sudut rumah, misal sebagai hiasan meja.

Nah, Bunda bisa buat sendiri pot khusus untuk tanaman sukulen kesayangan Bunda. Caranya dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang terdapat di sekitar rumah.

Curhat Deva Rachman

Daripada didiamkan dan jadi sarang nyamuk, lebih baik Bunda modifikasi jadi pot cantik! Biaya pembuatannya pun pasti lebih rendah dibanding Bunda harus beli pot dekoratif siap pakai di pasaran.

Dilansir dari sumber Gardening Know How, berikut ini inspirasi pot unik untuk wadah tanaman hias sukulen Bunda di rumah.

1. Manfaatkan wadah tua

Beberapa wadah tua seperti cangkir maupun teko teh mungkin tidak lagi layak digunakan menurut Bunda. Padahal, hanya tinggal dialihfungsikan agar ia kembali bermanfaat dan mendapatkan estetikanya.

Jadikan cangkir atau teko teh bekas untuk pot sukulen, Bunda. Berbagai barang pecah belah lain yang berbentuk wadah pun bisa disulap jadi kontainer yang indah buat tanaman sukulen.

Yang terpenting adalah pastikan juga wadahnya memiliki lubang drainase di bagian dasar dan diisi dengan tanah yang sesuai dengan jenis sukulennya ya, Bunda.

Memilih pot yang sejuk dan menarik, tak ada artinya bila Bunda malas merawat sukulen. Perlu rajin memperhatikan kebutuhan cahaya, suhu, pupuk, dan kelembapan yang optimal untuk tanaman hias yang satu ini.

2. Pot keramik bekas industri

Bunda bisa pilih menghias pot keramik dengan teknik marbling menggunakan kuteks. Bisa juga memakai kotak telur bekas atau perkakas tua, asalkan memiliki lubang drainase di bagian dasarnya.

Barang yang sudah retak atau rusak pun bahkan masih bisa disulap menjadi wadah cantik bagi tanaman hias sukulen Bunda. Jadi, jangan malas untuk mengeksplor barang-barang di sekeliling Bunda, ya.

Untuk tips lainnya, klik halaman berikutnya ya, Bunda!

Simak di sini Bunda untuk jenis tanaman hias yang bisa hidup dalam cahaya redup.

[Gambas:Video Haibunda]



BERKREASI DENGAN WARNA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi