sign up SIGN UP search


moms-life

10 Tanaman Hias Terbaik untuk Percantik Meja Kerja

Vauri Audia Kamis, 10 Jun 2021 03:00 WIB
Meja kerja caption

Jakarta - Meja kerja kemungkinan identik dengan setumpuk permasalahan yang menyita pikiran. Berada di sana dalam kurun waktu lama tentu dapat memicu stres. Untuk menanganinya, tempatkan saja tanaman hias.

Selain bisa mempercantik tampilan meja kerja, keberadaan tanaman hias juga memiliki sejumlah manfaat, di antaranya adalah meningkatkan kelembapan ruangan, memicu kreativitas dan produktivitas, serta menyerap racun di dalam ruangan.

Pilihlah tanaman hias yang menyukai cahaya matahari tidak langsung, sehingga pas ditempatkan di meja kerja dan tak memerlukan perawatan khusus.


Dilansir dari sumber The Spruce, berikut 10 tanaman hias yang cocok ditempatkan di meja kerja:

Curhat Deva RachmanCurhat Deva Rachman/ Foto: HaiBunda

1. Lidah Mertua

Tidak semua tanaman lidah mertua memiliki ukuran yang sama. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membelinya, sebaiknya Bunda perlu membaca label keterangan tanaman dengan hati-hati untuk menghindari memilih kultivar yang dapat tumbuh tinggi hingga beberapa kaki. 

Sebagai gantinya, cari pilihan lidah mertua ukuran mini, seperti jenis Futura superba atau Whitney. 

2. Violet Afrika

Tanaman hias yang berasal dari wilayah Afrika dan memiliki varietas kurang lebih 10.000 ini memiliki ciri warna daun hijau keunguan dan agak berbulu. Violet afrika menyukai kelembaban dengan suhu rata-rata, beserta cahaya yang cukup untuk mendorong pembungaan.

Tak selalu harus menerima cahaya alami, lampu neon buatan pun dapat diterima juga oleh si ungu ini.

3. English Ivy

Tanaman yang sering disebut daun ivy ini tumbuh menjulur atau merambat. Tanaman english ivy lebih menyukai cahaya sedang dengan kondisi lembap, dan suhu yang konsisten untuk menjaga warna gelap dan kehijauannya.

Kendati demikian, tanaman ini dapat berkembang dengan baik dalam cahaya terang dan tidak langsung untuk mendorong pembungaan yang lebih beragam.

4. Tanaman ZZ (Zamioculcas)

Zamioculcas zamiifolia adalah sukulen dengan dua karakteristik yang membuatnya populer sebagai tanaman hias, yaitu toleransi terhadap cahaya rendah dan kemampuan untuk tumbuh dengan sedikit air. Bahkan, bila tak memiliki sumber cahaya alami, tanaman ini toleran terhadap pencahayaan buatan, seperti lampu neon.

Daunnya yang bertingkat menjadi daya tarik untuk mendekorasi ruang kerja, bahkan batang dan dedaunan yang berwarna kehitaman dari jenis kultivar baru, yaitu “Raven”, terlihat memukau bila disejajarkan dengan desktop putih di meja kantor.

5. Lidah Buaya

Tanaman hias lidah buaya mudah tumbuh jika berada di lokasi dengan cahaya terang penuh. Jika meletakkan lidah buaya di atas meja kerja yang dekat dengan jendela besar, maka Bunda hanya perlu rajin memeriksa kondisi tanaman bila akan disiram setiap beberapa minggu sekali.

Tumbuhkan lidah buaya dengan pupuk campuran kaktus berpasir untuk memastikan drainase baik yang dibutuhkan tanaman ini. 

Baca halaman selanjutnya untuk jenis tanaman hias lain ya, Bunda.

PHILODENDRON SAMPAI BAMBU HOKI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi