sign up SIGN UP search


moms-life

10 Tanaman Hias Semak Memukau yang Jadi Pelindung Privasi di Rumah

Vauri Audia Rabu, 09 Jun 2021 04:00 WIB
Plumbago, Blossom, Flower, Flower Head, Flowerbed caption

Bagi kebanyakan orang tanaman semak kerap dianggap menganggu karena bisa tumbuh secara liar dan tak beraturan, meskipun Bunda tidak menanamnya. Tapi, ternyata tanaman semak pun bisa jadi tanaman hias yang cantik, Bunda.

Sifatnya yang tumbuh secara berumpun dan berkelompok di atas tanah membuatnya kerap difungsikan sebagai tanaman pagar, tujuannya adalah menciptakan ruang privasi bagi pemilik rumah.


Tanaman ini juga tumbuh dengan cepat dan tahan di segala jenis lingkungan. Tak ada salahnya jika Bunda menanam tanaman semak di hunian Bunda, baik sebagai peiindung privasi maupun tanaman hias pajangan.

Bunda hanya perlu memilih jenis tanaman hias yang paling pas dengan kebutuhan. Nah, dilansir dari sumber The Spruce, berikut 10 tanaman semak untuk ciptakan ruang terbuka yang memiliki privasi dan tampilan estetik.

1. Dogwood Ranting Merah

Dogwood ranting merah akan mencerahkan lanskap musim dingin Anda dengan cabang-cabang merah cerah. Kombinasikan dogwood ranting kuning dan merah untuk tampilan yang lebih menakjubkan. 

2. Mock orange (P. coronaries)

Dinamai "mock-orange" mengacu pada bunganya, yang pada spesies liar terlihat agak mirip dengan jeruk dan lemon ketika pertama kali dilihat, dan bau bunganya beraroma citrus yang menyegarkan.

Tanaman hias ini menghasilkan daun hijau muda dan bunga putih di akhir musim semi atau awal musim panas. 

3. Lilac

Dikenal sebagai "Ratu Semak," lilac adalah tumbuhan semak berbunga dan harum di kebun. Bunda mungkin mengenalinya sebagai bunga dari kebun nenek, dan faktor nostalgia itu mungkin salah satu alasan mengapa lilac mendapatkan popularitas selama berabad-abad.

Bunga-bunga lilac umumnya berwarna pink, ungu, biru, dan putih. Sebagian besar varietas lilac tumbuh setinggi 10 kaki (3 meter lebih) sehingga menambah kelembutan dan keindahan pada taman apa pun. 

4. Forsythia

Forsythia adalah merupakan semak hias populer karena bunga-bunga yang indah. Pada bulan Maret, bunga berbentuk lonceng muncul dalam warna kuning keemasan yang cerah, bahkan sebelum daun dilepaskan. Oleh karena itu, forsythia juga memiliki julukan lonceng emas, bunga lili emas atau willow emas. 

Semak ini dapat tumbuh dengan cepat, sekitar 30 – 50 cm per tahun, dan dapat mencapai beberapa meter dan lebar hingga 3 meter. Oleh karena itu, forsythia cocok sebagai pagar tanaman karena bisa membatasi wilayah dan menjaga privasi pemilik hunian.

5. Cotoneaster (Cotoneaster horizontalis)

Cotoneaster horizontalis (Rock Cotoneaster) adalah semak yang menyebar, dan cabang-cabangnya dipenuhi dengan daun-daun kecil mengkilap yang menghangat dari warna oranye hingga merah di musim gugur.

Tanaman hias ini sangat menarik bagi lebah, karena memiliki berry merah tua yang matang di musim panas untuk jatuh, sehingga pemandangan ini menjadi salah satu yang paling bersorak di kebun.

Simak di video ini untuk ketahui ragam jenis tanaman hias indoor:

[Gambas:Video Haibunda]



BEAUTYBERRY HINGGA ARBORVITAE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi