sign up SIGN UP search


moms-life

Ragam Faktor Risiko dan Penyebab Ejakulasi Dini, Apa Saja?

Kinan Senin, 07 Jun 2021 21:45 WIB
Shot of an affectionate young couple spending some quality time together in their bedroom at home caption

Ejakulasi dini menjadi salah satu masalah kesehatan seksual yang bisa mengganggu keintiman pasutri. Dengan demikian, mencari tahu faktor risiko dan penyebab ejakulasi dini pun menjadi penting.

Dikutip dari Web MD, ejakulasi dini atau premature ejaculation adalah ketika orgasme terjadi kurang dari satu menit setelah memulai seks.

Tidak ada waktu yang pasti kapan pria harus ejakulasi saat berhubungan seks. Tetapi jika kehilangan ereksi terjadi secepat ini alias tak bisa dikendalikan, maka tidak ada cukup waktu untuk menikmatinya.


Bagi pasangan suami istri, masalah ejakulasi dini dapat mengganggu keintiman dan bahkan memicu pertengkaran. Ejakulasi dini dianggap sebagai salah satu jenis disfungsi seksual, yakni beberapa masalah yang membuat pasangan tidak menikmati aktivitas seksual sepenuhnya.

Ingat, ejakulasi dini tidak sama dengan disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi adalah adalah ketidakmampuan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi. Namun demikian, pria bisa saja mengalami keduanya secara bersamaan.  

Penyebab ejakulasi dini dan faktor risikonya

Sampai saat ini, penyebab ejakulasi dini secara pasti belum diketahui. Tapi dipercaya faktor hormonal dan kimia dalam otak menjadi salah satu alasannya.

Dikutip dari Mayo Clinic, pria yang memiliki kadar serotonin kimiawi rendah di otak cenderung membutuhkan waktu lebih singkat untuk ejakulasi. Selain itu, faktor emosional juga dapat berperan menjadi penyebab ejakulasi dini. Di antaranya perasaan tertekan, depresi, gelisah, kurang percaya diri, serta cemas.

Kecemasan dapat menjadi penyebab ejakulasi dini, terutama jika dikaitkan dengan performa seks dan takut tidak bisa memuaskan pasangan. Adanya pengalaman buruk soal seks juga dapat menjadi penyebab ejakulasi dini lho, Bunda.

Selain masalah emosional dan psikis, beberapa faktor penyebab ejakulasi dini lainnya dapat berupa masalah fisik. Termasuk di antaranya ketidakseimbangan hormon dan tingkat neurotransmitter yang tidak teratur.

Ini berarti ada masalah ketidakseimbangan senyawa kimia di otak yang menyampaikan pesan atau impuls ke seluruh tubuh, termasuk ke organ intim. Adanya peradangan atau infeksi pada prostat atau uretra (saluran dari kandung kemih ke penis), juga bisa menjadi penyebab ejakulasi dini.

Faktor lain yang dapat berperan termasuk:

Disfungsi ereksi

Pria yang cemas tentang kemampuannya mendapatkan atau mempertahankan ereksi selama hubungan seks mungkin bisa jadi sulit mengendalikan ejakulasinya.

Ya, takut kehilangan ereksi mungkin menyebabkan pria secara sadar atau tidak terburu-buru ejakulasi.

Kegelisahan

Banyak pria dengan ejakulasi dini juga memiliki masalah dengan kecemasan, baik secara khusus tentang kinerja seksual atau terkait dengan masalah lainnya. Misalnya masalah ekonomi atau pekerjaan.

Masalah komunikasi dengan pasangan

Adanya masalah komunikasi atau mungkin pertengkaran dengan pasangan bisa menjadi penyebab ejakulasi dini. Ini terutama berkaitan dengan faktor stres dan hormonal.

Informasi lengkap tentang gejala dan faktor risiko penyebab ejakulasi dini ada di halaman selanjutnya ya, Bunda!

RIIKO DAN GEJALA EJAKULASI DINI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi