sign up SIGN UP search


moms-life

Musim DBD, Simak Bun 7 Cara Alami Mengusir Nyamuk di Sini

Arina Yulistara Rabu, 09 Jun 2021 15:11 WIB
The boy is bitten by mosquitoes on a dark background. On the blackboard with chalk painted mosquitoes. caption

Di rumah Bunda banyak nyamuk? Mungkin menggunakan semprotan pembasmi nyamuk tidak cukup karena ketika aromanya hilang, nyamuk akan kembali. Ini tentu bikin khawatir ya, terlebih jika Bunda punya anak balita di rumah.

Selain mengganggu kenyamanan, nyamuk juga bisa menularkan penyakit berbahaya, seperti malaria hingga Demam Berdarah Dengue (DBD).

Bagi Bunda yang belakangan ini sering banyak nyamuk di rumah, yuk coba usir nyamuk secara alami. Beberapa trik ini mungkin lebih awet menghalau nyamuk daripada obat pembasmi nyamuk Bunda.


Penasaran gimana caranya? Berikut deretan cara mengusir nyamuk secara alami dengan memanfaatkan tanaman hias hingga bawang putih. Simak uraiannya di bawah ini yuk, Bunda.

Banner Mbok De Blora

1. Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Cara mudah mengusir nyamuk secara alami dari rumah dengan membeli tanaman hias yang berfungsi untuk mengusir nyamuk. Tanaman hias yang dimaksud antara lain lavender, marigolds, tulsi, lemongrass, mint, juga catnip.

Letakkan tanaman hias tersebut dalam kamar atau meja dalam rumah agar bebas nyamuk. Beberapa tanaman bahkan tidak hanya mengusir nyamuk secara alami tapi juga hama dan tikus. 

Pilih tanaman hias berukuran kecil, sehingga mudah di letakkan di dalam ruangan. Letakkan dalam ruangan yang paling sering digunakan untuk beraktivitas ya, Bunda.

2. Lemon dan Cengkeh

Salah satu cara mengusir nyamuk secara alami bisa dengan meletakkan irisan lemon dan cengkeh di sekitar rumah Bunda. Dilansir dari India Today, nyamuk tidak suka bau cengkeh atau apa pun yang beraroma jeruk dan lemon. 

Potong lemon menjadi kedua bagian lalu selipkan cengkeh ke sisi-sisinya. Letakkan lemon yang sudah diselipkan cengkeh di beberapa area dalam rumah. 

3. Bawang Putih

Gunakan semprotan bawang putih untuk mengusir nyamuk secara alami. Kalau Bunda tidak ingin terus-menerus menggunakan semprotan nyamuk berbahan kimia, coba manfaatkan bawang putih. 

Hancurkan beberapa siung bawang putih yang telah direbus ke dalam air panas. Tuang larutan air dan bawang putih ke dalam botol lalu semprotkan ke area rumah. 

Bawang putih memiliki aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk. Meski bisa membunuh nyamuk secara instan tapi bau bawang putih juga cepat hilang. Jadi tidak mengganggu aroma dalam rumah.

Waspadai yuk, Bunda. Begini ciri-ciri nyamuk aedes aegypti penyebab DBD.

[Gambas:Video Haibunda]

SABUN HINGGA BIR, BISA DIMANFAATKAN UNTUK MENGUSIR NYAMUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi