sign up SIGN UP search


moms-life

6 Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih, Wajib Coba

Arina Yulistara Senin, 09 Aug 2021 08:43 WIB
Sering menemukan noda kuning di atas baju putih, terutama pada bagian ketiak? Yuk hilangkan noda kuning di baju putih dengan bahan rumah tangga. caption

Apakah saat mencuci baju, menemukan noda kuning di atas baju putih, terutama pada bagian ketiak? Terkadang hal tersebut membuat Bunda menjadi kurang percaya diri ketika memakainya kembali.

Mungkin Bunda berpikir kalau noda kuning pada baju putih selalu disebabkan oleh keringat. Namun tidak sepenuhnya demikian, Bunda. Penyebab utama noda kuning pada baju putih di bagian ketiak karena ada kombinasi kandungan dari deodoran yang tercampur dengan keringat.

Kandungan mineral dari keringat bercampur dengan bahan-bahan dalam antiperspirant atau deodoran terutama aluminum bisa menjadi penyebab utamanya. Itu yang membuat noda kuning pada baju putih sulit menghilang walaupun sudah dicuci bersih menggunakan sabun.


Ada bahan kimia yang bisa membantu menghilangkan noda kuning pada baju putih secara instan. Namun Bunda disarankan mencoba cara lain ebih dahulu memakai bahan-bahan yang ada di rumah.

Banner Pria Semarang Nikahi Bule JermanBanner Pria Semarang Nikahi Bule Jerman/ Foto: Mia Kurnia Sari

Mengutip The Spurce, berikut cara menghilangkan noda kuning di baju putih. Bunda wajib tahu karena salah satu poinnya adalah sangat dilarang mencuci baju tersebut menggunakan air panas ya. Yuk simak ulasannya.

1. Siapkan Bahan

Siapkan dulu bahan-bahan yang bisa membantu menghilangkan noda kuning di baju putih. Apa saja bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan?

Peralatan:

Spons atau sikat gigi

Bahan-bahan:

Baking soda
Hidrogen peroksida (H2O2)
Pemutih (optional)
Deterjen
Cuka putih
Penghilang noda berbasis enzim (optional)

2. Buat Larutannya

Buat campuran bahan terlebih dahulu. Untuk menghilangkan noda kuning di baju putih, Bunda perlu mencampurkan baking soda, hidrogen peroksida, dan air dengan perbandingan yang sama. 

Selain itu, Bunda juga bisa mencoba membuat larutan cuka murni saja. Campurkan larutan air dingin dan satu setengah cangkir cuka putih.

Gosokkan larutan tersebut ke area yang terdapat noda kuning pada baju putih menggunakan spons atau sikat gigi bekas. Diamkan selama 30 menit.

3. Bilas dengan Air Dingin

Setelah merendam pakaian selama 30 menit, langkah selanjutnya untuk menghilangkan noda kuning di baju putih dengan membilas menggunakan air dingin. Bunda sangat tidak disarankan membilas baju menggunakan air panas.

Alasan mengapa Bunda tidak disarankan menggunakan air panas untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih adalah agar noda tak semakin membandel. Air panas justru akan membuat noda semakin melekat dan sulit dihilangkan. 

TAHAP-TAHAP MENGHILANGKAN NODA KUNING SAAT MENCUCI BAJU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!