sign up SIGN UP search


moms-life

10 Manfaat Penggunaan Cuka Putih Suling Saat Mencuci

Juan Satya Kamis, 05 Aug 2021 17:31 WIB
wanita yang akan mencuci pakaian caption

Saat mencuci pakaian mungkin Bunda pernah menemukan masalah-masalah yang mengganggu ya. Bau apek, pakaian kusam, dan banyaknya serat pakaian yang lepas menjadi beberapa masalah umum yang ditemui saat mencuci.

Bila Bunda merasakan hal tersebut, sudah saatnya Bunda menggunakan cuka putih suling. Dilansir dari The Spruce, penggunaan cuka putih suling akan membantu memutihkan, mencerahkan, dan melembutkan pakaian tanpa bahan kimia.

Cuka ini juga tergolong aman digunakan pada mesin cuci standar maupun mesin cuci berefisiensi tinggi. Selain itu, cuka putih suling tidak mengandung tanin yang dapat menodai pakaian, Bunda. Jadi Bunda jangan takut ya untuk menggunakannya saat mencuci.


Tidak hanya itu, ternyata penggunaan cuka putih suling juga dapat diaplikasikan pada pembersihan mesin cuci dan setrika, Bunda. Dengan begitu, pakaian yang telah Bunda cuci dan setrika pasti akan rapih seperti baru.

Bila Bunda ingin mengetahui manfaatnya secara jelas, simak Bunda, sepuluh manfaat penggunaan cuka putih suling saat proses mencuci yang dilansir dari The Spruce.

1. Menghilangkan bau

Bunda, ternyata meninggalkan banyak pakaian dalam keadaan basah pada mesin cuci dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bau apek, lho.

Untuk mengatasinya, Bunda cukup mengisi mesin cuci dengan air panas dan menambahkan dua cangkir cuka putih suling pada detergen. Penggunaan ini sangat bekerja dengan efektif dalam menghilangkan jamur dan bau apek pada pakaian, Bunda.

Bila bau apek, jamur, dan noda memliki jumlah yang banyak pada pakaian, Bunda harus melakukan hal ini secara berulang agar hasil yang didapatkan maksimal.

2. Memutihkan dan mencerahkan pakaian

Asam asetat dalam cuka putih suling memiliki kandungan yang sangat ringan, Bunda. Sehingga pakaian yang dicuci dengan cuka ini tidak akan mudah rusak. Asam asetat juga berfungsi sebagai pemutih dan pencerah pada pakaian kotor dan berwarna abu-abu.

Untuk memutihkan pakaian, Bunda dapat menambahkan setengah cangkir cuka putih suling ke dalam bilasan terakhir. Dengan begitu, campuran tersebut akan menghasilkan warna yang lebih cerah dan jernih pada pakaian.

Bunda juga dapat mencerahkan pakaian putih bernoda dengan menambahkan satu cangkir cuka putih suling pada panci besar yang berisi air mendidih. Bunda dapat membiarkan pakaian tersebut direndam semalaman dan kemudian cuci seperti biasa.

Perlu diketahui, cara ini sebaiknya digunakan hanya pada kain yang mengandung katun 100% ya, Bunda.

3. Melembutkan pakaian secara alami

Penggunaan cuka putih suling pada saat mencuci ternyata dapat melembutkan pakaian secara alami, Bunda. Tentu ini menjadi kabar baik bila Bunda tidak menyukai penggunaan produk-produk pelembut pakaian.

Caranya, Bunda dapat menambahkan satu setengah cangkir cuka putih suling pada bilasan pakaian yang terakhir. Jika menyukai aroma-aroma yang ringan, Bunda dapat menambahkan beberapa tetes essential oil seperti lavender ke dalam botol cuka.

4. Mengurangi serat dan bulu pada pakaian

Menggunakan cuka putih suling saat mencuci juga dapat mengurangi serat dan bulu pada pakaian, Bunda. Untuk pengaplikasiannya, Bunda dapat mencampurkan satu setengah cuka putih suling pada bilasan pakaian.

Penggunaan ini ternyata juga cocok untuk membantu Bunda dalam menghilangkan serat yang berlebihan ketika secara tidak sengaja mencuci pakaian berwarna gelap dengan handuk secara bersamaan.

5. Menghilangkan bau keringat pada pakaian

Penggunaan cuka putih suling ternyata juga dapat menghilangkan bau keringat pada pakaian, Bunda.

Caranya, Bunda dapat mengisi botol semprot dengan cuka putih suling, lalu semprotkan secara langsung pada bagian dalam area ketiak dan biarkan selama sepuluh menit sebelum memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci.

Jika kain terasa kaku saat sebelum dicuci, Bunda dapat menyikatnya dengan menggunakan sikat berbulu halus untuk memecah residu yang ada pada pakaian.

Cuka putih suling juga dapat membantu memotong sisa noda deodoran yang tertinggal dan mencegah area ketiak menguning pada pakaian.

Bila Bunda ingin mengetahui 5 manfaat lainnya, klik baca halaman berikutnya ya Bunda.

MENGHAPUS GARIS KELIMAN PADA CELANA HINGGA MEMBERSIHKAN SETRIKA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!