sign up SIGN UP search


moms-life

4 Resep Olahan Ikan, Nutrisi Terjaga Tanpa Digoreng

Melly Febrida Rabu, 14 Jul 2021 19:46 WIB
chinese delicious food cooking mandarin fish caption

Resep olahan ikan banyak macamnya, bukan cuma digoreng atau dijadikan sup. Bunda bisa mengolah ikan dengan mengukus untuk menjadi lauk yang lezat. 
Pada masa pandemi ini, banyak konsumsi ikan bagus, lho, untuk perkuat tubuh. 

Bunda tak perlu khawatir amis jika memasak ikan dengan cara dikukus. Untuk menghilangkan amis pada ikan, racikan bumbu dan rempah yang digunakan berperan penting untuk menambah aroma harum dan memperkaya rasa.

Dalam artikel berjudul Potential Interventions for Novel Coronavirus in China: A Systemati Review, dipaparkan dalam ikan itu mengandung zat gizi makro dan mikro yang berperan dalam penanganan infeksi virus secara umum. Misalnya saja Vitamin A, B, C, D, E, asam lemak omega 3, dan mineral seperti salinium, zat besi, dan seng.


Orang sering menyebut ikan yang bagus itu seperti ikan salmon atau tuna yang mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6. Namun, Bunda tak perlu khawatir dengan ikan tawar atau, karena tetap mengandung nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. 

Dibandingkan menggoreng, memasak ikan dengan cara mengukus, merebus, atau dibuat tim akan lebih mempertahankan nutrisinya, Bunda. 

Banner Penyebab Janin Tidak Berkembang

Ketika mengukus ikan, jangan lupa untuk membungkus atau melapisi tutup dandang pengukus dengan kain. Tujuannya agar uap air tidak menetes pada makanan yang sedang dikukus. Karena tetesan air akan mengubah rasa dan bentuk masakan, Bunda.

Jika ikan dikukus tanpa menggunakan daun pisang atau kertas aluminium, Bunda harus sering-sering membuka tutup panci agar suhu dalam pengukus tidak terlalu panas dan bentuk ikan tetap utuh tidak hancur.

Merebus pun tidak bisa sembarangan agar tak banyak nutrisi yang hilang. Disarankan untuk memasukkan ikan dan bahan lainnya saat air sudah mendidih. Panci juga sebaiknya tidak ditutup agar bau amis pada ikan menguap dan jangan sampai overcook.

Sisa air rebusan bisa Bunda simpan dan pakai kemudian untuk membuat sup. Untuk teknik memasak tim, Bunda menggunakan wadah tahan panas dalam panci ukuran besar yang berisi air. Masak di atas api sampai air mendidih dan akan mematangkan makanan di atasnya.  

Resep Olahan Ikan

Untuk berbagai resep dan olahan ikan yang bisa Bunda coba di rumah, simak yuk bahan lengkap dan cara membuatnya di bawah ini. Ada beberapa variasi resep olahan ikan yang dilansir dari buku Seri Teknik Memasak; Masakan Serba Kukus, Tim & Rebus.

1. Ikan Mas Kukus Kemangi

Bahan: 

  • 1 ekor ikan mas (300 gram), bersihkan, kerat-kerat 
  • 3 butir bawang merah, cincang 
  • 2 siung bawang putih, cicang 
  • 1 batang serai, memarkan atau iris 
  • 1 cm jahe, memarkan 
  • 1/2 sdt garam 
  • 1 buah tomat, irisi 
  • Kemangi secukupnya 
  • Margarin secukupnya, untuk mengoles 

Cara membuat: 

  1. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin. Lalu masukkan ikan dalam pinggan, taburi dengan bawang merah, bawang putih, serai, jahe, dan garam.  
  2. Tutup ikan dengan kemangi, lalu letakkan tomat di atasnya.
  3. Gunakan aluminium foil untuk menutup pinggan berisi ikan.  
  4. Masukkan dalam panci kukusan dan biarkan sekitar 20 menit sampai matang. Angkat dan sajikan.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk resep lain, Bunda.

3 Resep Ikan Kukus dan Tim
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!