sign up SIGN UP search


moms-life

Mual setelah Vaksinasi? Coba Resep Teh Jahe Ini Bun

Melly Febrida Selasa, 13 Jul 2021 19:01 WIB
teh jahe caption

Jakarta - Beberapa orang mengaku, usai mendapat vaksinasi COVID-19, badan menjadi lemas dan merasa lapar, seperti ingin selalu makan. Memang, tidak semua orang merasakan demikian, Bun. Ada pula beberapa ada yang justru merasa mual usai divaksin, makan apa pun jadi enggak selera. Nah, kalau Bunda juga merasakan efek yang demikian, bisa mencoba resep teh jahe di bawah ini.

Dr Leong Moh Yiing mengatakan beberapa pasiennya mengeluh tidak ada nafsu makan setelah divaksinasi atau hanya mau makan sedikit saja.  Apa yang harus dilakukan jika Bunda mengalaminya?

"Selain makan dalam porsi kecil seperti yang disebutkan sebelumnya, pasien yang mendapat vaksinasi  tanpa nafsu makan yang tinggi dapat minum sup atau kaldu," kata Dr Leong.  Sedangkan bagi yang mual, cobalah menyeruput minuman yang mengandung jahe.

Untuk minuman jahe ini, ahli diet dan nutrisi Mia Syn, MS, RDN, mengatakan teh jahe ini menjadi alternatif bebas kafein yang menghangatkan, menyegarkan, dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Banyak orang minum teh jahe untuk meredakan sakit tenggorokan atau batuk dan gejala lain yang terkait dengan flu biasa.

Banner Penyebab Janin Tidak BerkembangBanner Penyebab Janin Tidak Berkembang/ Foto: Mia Kurnia Sari


Syn menjelaskan, jahe selama ini telah terkenal sebagai obat mual. Pada 2019,  sebuah ulasan menjelaskan jahe dapat membantu mengobati muntah akibat kemoterapi serta kelelahan.

Pada 2016, peneliti menganalisis penggunaan jahe untuk mengobati dan mencegah mual dan muntah pada kemoterapi, kehamilan, dan mabuk perjalanan umum. "Para penulis menyimpulkan bahwa jahe adalah pengobatan yang efektif dan murah untuk mual dan muntah serta dikategorikan aman," kata Syn dilansir Very Well Fit.  

Para peneliti memang menyatakan penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan dosis terbaik untuk pengobatan.  Meskipun tidak ada konsensus mengenai jumlahnya, sebagian besar ahli menyarankan sekitar 1.000 mg jahe sehari.


Sebaliknya, beberapa peneliti mengatakan bahwa masih diperlukan lebih banyak bukti untuk menentukan efektivitas jahe sebagai pengobatan non-farmakologis untuk mual.

Meskipun jarang, teh jahe juga dapat menyebabkan efek samping Bunda, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.  Asupan yang disarankan untuk teh jahe ini tidak lebih dari satu atau dua cangkir sehari.

Bunda hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1 gram jahe kering sehari.  Jangan mengombinasikan jahe dosis tinggi dengan obat antikoagulan (pengencer darah) tanpa pengawasan medis ya Bunda.

Ketika membuat teh jahe, Bunda bisa memakan waktu kurang dari 30 menit dari awal hingga akhir.  Tetapi sebelum Bunda mulai menyeduh jahe segar, pastikan untuk mencuci, menggosok, dan mengupasnya terlebih dahulu.  

Selanjutnya, iris tipis-tipis lalu rendam dalam panci berisi air panas mendidih selama 10–20 menit, tergantung seberapa kuat rasa teh yang Bunda inginkan.

Resep teh jahe berikut ini menawarkan beberapa variasi teh jahe.  Jika Bunda merasa resep ini terlalu pedas atau kuat, coba tambahkan lebih banyak air panas sesuai selera.

 1. Teh Jahe

Bahan:

  • 1 atau 2 iris jahe 
  • 1 gelas air mendidih
  • Madu (opsional) 

Cara membuat:

  1. Masukkan irisan akar jahe langsung ke dalam cangkir.

  2. Tambahkan air mendidih dan biarkan meresap selama 5 sampai 10 menit.

  3. Tambahkan madu secukupnya jika Bunda menginginkannya. Teh jahe siap disajikan. 

Simak juga video resep minuman di bawah ini Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



4 RESEP TEH JAHE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!