sign up SIGN UP search


moms-life

Hasil Sidang Isbat, Idul Adha 1442 Ditetapkan Jatuh pada 20 Juli 2021

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 12 Jul 2021 13:58 WIB
Arab woman with veil against orange yellow sky caption
Jakarta -

Pemerintah baru saja menggelar sidang isbat Idul Adha yang dilaksanakan pada Sabtu (10/7/2021) lalu, Bunda. Sidang ini bertujuan untuk menentukan serta memastikan tanggal 1 Zulhijah 1442 H, Bunda.

Keberadaan hilal dijelaskan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Sementara hasil sidang dibacakan oleh Menteri Agama, Taqut Cholil Qoumas di kantor Kementerian Agama RI.

Menteri Agama kemudian mengatakan bahwa sidang isbat mendapatkan hasil bahwa 1 Zulhijah 1442 H jatuh pada hari Minggu, 11 Juli 2021 Masehi. Tak hanya itu, Bunda. Sidang mendapatkan hasil bahwa Hari Raya Idul Adha atau 10 Zulhijah ditetapkan pada hari Selasa, 20 Juli 2021.


"Hilal terlihat atau teramati, sehingga 1 Zulhijah ditetapkan jatuh pada Ahad, 11 Juli 2021 Masehi. Dengan begitu, Hari Raya Idul Adha jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 Masehi," ucap Yaqut dalam keterangan pers yang dikutip dari detik.com, Senin (12/7/2021).

Sidang isbat digelar dengan sangat tertutup dan hanya dihadiri oleh Menag, Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR. Mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19, sidang dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Meski sidang isbat digelar secara tertutup, namun Kementerian Agama tetap memanfaatkan media sosial mereka untuk melakukan live streaming, Bunda. Sementara itu, sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di zona merah untuk tidak melaksanakan salat Idul Adha di luar rumah termasuk masjid atau tempat terbuka, Bunda.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat penjelasan MUI terkait hal ini yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video aktivitas paling berisiko tularkan COVID-19 berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MUI IMBAU ZONA MERAH SALAT IDUL ADHA DI RUMAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!