sign up SIGN UP search


parenting

6 Nama Bulan Hijriah dan Keutamaannya yang Bisa Diajarkan pada Anak

Haikal Luthfi Selasa, 25 May 2021 18:21 WIB
Ilustrasi membaca buku atau mendongeng caption
Jakarta -

Selain bulan-bulan pada tahun masehi, anak-anak sebaiknya juga mengetahui nama-nama bulan dalam Islam juga, Bunda, yang disebut dengan bulan Hijriah.

Mengutip buku berjudul Menggapai Berkah di Bulan-bulan Hijriah, kata Hijriah berasal dari bahasa Arab yakni Hijrah yang berarti berpindah. Kata ini diambil dari awal mula penanggalan hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah.

Tahun Hijriah merupakan penanggalan yang digunakan oleh seluruh umat Islam di dunia. Penanggalannya dihitung berdasarkan siklus bulan mengelilingi bumi. Dalam setahun, bulan mengelilingi bumi sebanyak 12 kali. Jumlah 12 bulan itu juga sesuai dalam surat At-Taubah ayat 36, Allah SWT berfirman:



اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya:

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa. (QS. AT Taubah : 36)

Nama-nama bulan hijriah dan keutamaannya

Terdapat amalan utama di beberapa bulan hijrah yang perlu diketahui dan Bunda ajarkan pada anak, diantaranya sebagai berikut:

1. Muharram

Merupakan bulan pertama tahun Hijriah dan salah satu bulan suci. Bulan ini diberi nama Muharram atau yang artinya terlarang untuk melakukan peperangan.

Di antara amalan yang utama dan penting untuk dilakukan yaitu melakukan puasa Muharram. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

"Seutama-utamanya puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram, dan seutama utamanya shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam" (HR. Muslim).

2. Rajab

Rajab berasal dari kata rajaba yang berarti hormat. Pada bulan ini, seorang muslim sejatinya tidak dibenarkan untuk melakukan puasa di bulan Rajab. Bahkan Umar bin Khattab pernah melarang seseorang melakukan puasa Rajab.

Diriwayatkan dari Khursyah bin Al-Hur, ia berkata;

"Aku pernah melihat 'Umar memukul telapak tangan orang-orang yang berpuasa Rajab hingga mereka meletakkan tangan-tangan mereka di piring. 'Umar berkata, "Makanlah!" Karena sesungguhnya ini adalah bulan yang dahulu pernah diagung-agungkan oleh kaum jahiliyah" (HR. Ibnu Abi Syaibah).

Menurut Ahmad Sarwat dalam bukunya berjudul Masuk Neraka Gara-gara Puasa Rajab (2019), merangkum perbedaan pendapat mengenai puasa-puasa yang dianjurkan pada Rajab.

Hadits yang mensunnahkan puasa khusus pada bulan Rajab tergolong lemah atau dhaif. Meski begitu, sebagian ulama Mazhab Syafi'i dan mayoritas ulama Mazhab Hanbali menyunahkannya karena tetap bisa dilakukan sebagai amalan sunnah dan keutamaan amal (fada'ilul a'mal).

3. Sya'ban

Bulan Sya'ban termasuk bulan yang istimewa, seperti adanya malam Nisfu Syaban yang memiliki keutamaan seperti dosa-dosa yang diampuni dan permohonan dikabulkan oleh Allah SWT.

Para ulama menyatakan Nisfu Syaban juga dinamakan malam pengampunan karena pada malam itu, Allah SWT menurunkan pengampunan dan mengabulkan permohonan kepada hamba-Nya. Meskipun, terdapat pula yang berbeda pendapat tentang malam Nisfu Syaban ini.

4. Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan kebaikan dan keberkahan, Bunda. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah a bersabda:

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan. Bulan yang penuh keberkahan. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa di bulan itu. Di bulan tersebut pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu" ( HR. Ahmad).

Pada bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Selain itu, terdapat amalan lain yang dapat dilakukan seperti melaksanakan shalat tarawih, membaca Al Quran, memperbanyak sedekah, dan juga amalan sunnah.

5. Syawal

Diet Intermittent Fasting, Ini Panduan dan Menunya untuk Turunkan Berat BadanIlustrasi puasa syawal/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Merupakan bulan kembalinya umat kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya setelah melakukan ibadah penuh selama Ramadhan.

Keutamaan bulan syawal didapatkan dengan melakukan beberapa ibadah, seperti sholat ied Hari Raya Idul Fitri serta melakukan puasa Syawal 6 hari, Bunda. Diriwayatkan dari Abu Ayyub Al-Anshari, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan (berpuasa) enam hari di bulan Syawal, maka seperti puasa satu tahun" (HR. Muslim).

6. Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah merupakan satu dari empat bulan haram atau bulan suci, Bunda. Pada bulan ini juga umat Islam melakukan ibadah haji dan berqurban.

Di antara amalan yang utama dalam bulan ini seperti berpuasa (Arafah dan 9 Dzulhijjah), melakukan sholat ied Hari Raya Idul Adha, serta berqurban. Ketika tiba saat hari qurban, maka amalan yang paling utama adalah menyembelih hewan qurban. Allah SWT berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Artinya:

"Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berkurbanlah" (QS. Al Kautsar : 2).

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi