sign up SIGN UP search


moms-life

Apa Perbedaan Vaksin COVID-19 Sinovac dan AstraZeneca? Simak di Sini Bunda

Mutiara Putri Rabu, 21 Jul 2021 15:45 WIB
The covid-19 vaccine is injected into a young woman's hand. Ilustrasi Vaksin/Foto: Getty Images/iStockphoto/fpphotobank
Jakarta -

Beberapa bulan belakangan ini pemerintah mulai menggalakkan vaksinasi COVID-19, Bunda. Tak hanya untuk tenaga kesehatan, lansia, dan usia di atas 18 tahun, kini vaksin juga sudah disebarluaskan untuk anak usia 12 hingga 17 tahun serta ibu menyusui, lho.

Ada dua jenis vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia, Bunda. Vaksin ini adalah vaksin Sinovac yang berasal dari China dan vaksin AstraZeneca dari Inggris.

Ada banyak kontroversi yang timbul dengan adanya kedua vaksin ini, Bunda. Bahkan sempat beredar kabar bahwa vaksin Sinovac lebih aman digunakan karena AstraZeneca mengandung unsur hewani.


Meskipun pihak AstraZeneca sudah mengonfirmasi bahwa mereka sama sekali tidak menambahkan unsur hewani ke dalam vaksinnya, namun masih banyak masyarakat yang enggan divaksinasi dengan vaksin keluaran Universitas Oxford ini. Terlebih banyaknya laporan yang mengatakan efek sampin AstraZeneca lebih berat daripada Sinovac.

Perbedaan vaksin Sinovac dan AstraZeneca

Meski keduanya digunakan di Indonesia, namun kedua vaksin ini memiliki beberapa perbedaan, Bunda. Berikut ini perbedaan vaksin Sinovac dan AstraZeneca yang dilihat dari laman Healthline.

1. Efektivitas

Ada beberapa kontroversi mengenai efektivitas vaksin AstraZeneca di akhir tahun 2020, Bunda. AstraZeneca sendiri sebelumnya mengklaim bahwa vaksin 70 persen efektif memerangi virus Corona. Namun, kemudian mereka mengungkap bahwa efektivitasnya adalah 62 persen.

Sementara itu, data tentang efektivitas vaksin Sinovac sangat terbatas karena beberapa penelitiannya masih berlangsung, Bunda. Dalam sebuah laporan, dikatakan bahwa 97 hingga 100 persen orang yang menerima vaksin berhasil membentuk antibodi COVID-19.

Laporan lain tentang efektivitas Sinovac mengungkap bahwa sidang di Chili menunjukkan tingkat efektivitas Sinovac hanya sebesar 56,6 persen. Efektivitas ini didapatkan setelah mendapatkan dua dosis vaksin.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video tata cara persiapan vaksin berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



EFEK SAMPING HINGGA STATUS PERSETUJUAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi