sign up SIGN UP search


moms-life

Kapan Waktu Berjemur yang Baik? Cek Panduan Indeks UV BMKG di Sini Bun

Mutiara Putri Kamis, 22 Jul 2021 13:49 WIB
Berjemur caption
Jakarta -

Selama masa pandemi, Bunda dianjurkan untuk berjemur agar mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari, nih. Berjemur juga bisa menjadi kebiasaan baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh lho, Bunda.

Sebelum berjemur, Bunda perlu perhatikan waktu yang tepat, nih. Ternyata para pakar menyarankan untuk berjemur di pagi hari, Bunda. Hal ini karena paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari masih relatif aman

Hal ini juga dikatakan oleh staf pengajar di Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNPAD/RS Hasan Sadikin Bandung, dr. R.M Rendsy Ariezal Effendi, SpDV. Ia mengatakan bahwa paparan sinar UV yang terlalu tinggi berisiko merusak kulit dan jadi pemicu kanker, lho.


"Kalau tujuannya untuk mendapatkan vitamin D, anjuran berjemur di atas jam 10 bisa saja dilakukan. Tapi dari sisi kesehatan kulit, ada risikonya," kata dr Rendy kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Banner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 MBanner Mantan Driver Ojol Beli Rumah Rp1,6 M/ Foto: Mia Kurnia Sari

Sementara itu, BMKG memberikan panduan prediksi indeks UV di wilayah Indonesia, Bunda. Panduan ini bisa dijadikan pedoman untuk orang-orang yang ingin berjemur, lho.

Dalam prediksi di tanggal 21 Juli 2021, indeks UV di bagian timur Indonesia akan masuk dalam kategori merah alias berisiko sangat tinggi mulai pukul 9.00 hingga 10.00 pagi, Bunda. Sementara itu, hampir seluruh wilayah Indonesia masuk ke dalam kategori oranye atau risiko tinggi pada pukul 10.00.

Lantas kapan risiko zona UV menurun ya, Bunda? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/mua)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi